Cuaca Ekstrem di Madina Sebabkan Sejumlah Tiang Listrik dan Kabel Putus, PLN Langsung Bereaksi

Cuaca ekstrem yang menerjang Mandailing Natal, tidak hanya menyebabkan banjir dan tanah longsor di sejumlah titik.

Cuaca Ekstrem di Madina Sebabkan Sejumlah Tiang Listrik dan Kabel Putus, PLN Langsung Bereaksi
Petugas PLN Rayon Natal saat memperbaiki jaringan listrik yang rusak akibat diterjang cuaca buruk di Mandailingnatal beberapa waktu lalu, Kamis (27/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Nanda F. Batubara

TRIBUN-MEDAN.com, MANDAILING NATAL - Cuaca ekstrem yang menerjang Mandailing Natal dan sekitarnya beberapa hari lalu, tidak hanya menyebabkan banjir dan tanah longsor di sejumlah titik.

Kondisi ini juga menyebabkan gangguan pada sejumlah fasilitas umum. Termasuk beberapa tiang listrik yang tumbang dan kabel putus.

Menurut Kepala Rayon PLN Natal Edi Ibrahim Sirait, listrik sempat padam pada saat itu. Khususnya di daerah Muara Soma, Mandailingnaal dan sekitarnya.

"Listrik sempat padam. Tapi saat ini sudah normal kembali, petugas kemarin langsung bergerak memperbaiki," ujar Edi di kantornya, Kamis (27/9/2018).

Edi mengatakan, terdapat tujuh unit tiang listrik yang terdampak akibat diterjang cuaca buruk. Di samping itu, kabel listrik di beberapa titik juga turut putus.

Lima unit tiang listrik patah dan dua lainnya hampir tumbang. Sedangkan kabel listrik yang putus terjadi di lima titik.

Namun kondisi itu tak berlangsung lama. Petugas PLN setempat langsung bergegas memperbaiki jaringan sehingga listrik dapat kembali normal pada Senin (24/9/2018).

"Petugas langsung bekerja walaupun dalam kondisi hujan. Sehingga pekerjaan selesai dan lampu kembali menyala normal pada Selasa (25/9/2018). Kami juga mohon maaf karena layanan ke pelanggan sempat terganggu akibat kondisi ini," ujar Edi.

Sejak Sabtu (22/9/2018) hingga Minggu (23/9/2018) lalu, hujan deras mengguyur Mandailingnatal dan sekitarnya.

Sejumlah aliran sungai, termasuk Sungai Batang Natal, meluap dan menyebabkan banjir di sejumlah tempat.

Tak hanya itu, cuaca buruk juga menyebabkan tanah longsor di sejumlah titik. Bahkan, tiga titik longsor menutup permukaan jalan lintas Panyabungan-Pantai Barat Natal, Mandailingnatal. Tepatnya di daerah Muara Soma.

Hal ini menyebabkan akses jalan sempat terputus beberapa saat.

(nan/tribun-medan.com)

Penulis:
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved