Gempa Donggala dan Tsunami Palu

Operator Bensin Pun Harus Dari Luar, Jusuf Kalla Pertanyakan Kinerja Pemda Palu Tangani Bencana

Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla menggkritik kinerja dari pemerintah daerah di Sulawesi Tengah

Operator Bensin Pun Harus Dari Luar, Jusuf Kalla Pertanyakan Kinerja Pemda Palu Tangani Bencana
Kompas.id-Sulselteng.com
Kolase foto Jusuf Kalla dan Wali Kota Palu, Hidayat dan Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo 

TRIBUN-MEDAN.com-Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla mengkritik kinerja dari pemerintah daerah di Sulawesi Tengah dalam menangani bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala.

Hal ini dia sampaikan Jusuf Kalla dalam pidatonya, seperti di kutip Tribun Medan dari video Kompas TV, Selasa (9/10/2018)

"Minggu lalu saya ke Palu melihat bencana. Semua yang pegang kendali tentara. Semua yang ngatur bantuan tentara. Kemana para sipil," tanya Jusuf Kalla 

"Kemana kantor gubernur, kemana kantor Wali Kota, tentu disamping itu juga mereka ada yang kena aparat itu. Tapi langsung kehilangan kendali," tambahnya.

Menurutnya untuk mengerjakan hal paling kecil pun pemerintah daerah yaitu Gubernur Sulawesi Tengah, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Wali Kota Palu dan Wakil Wali Kota Palu, tidak bisa.

"Terpaksa semua didatangkan dari Jakarta. Termasuk untuk orang yang hanya jualan bensin, operator bensin, juga harus didatangkan dari luar daerah, memang dibutuhkan dari luar," ujarnya.

Kata Jusuf kalla dia menyampaikan hal tersebut, supaya pemerintah daerah hadir ditengah-tengah masyarakatnya.

"Ini maksud saya adalah justru pemerintah yang dibutuhkan dia tidak di situ. Tapi kemarin itu sudah update. Tentara hari pertama sudah update, sipil baru seminggu baru update," ujarnya.

Viral Foto Tsunami Berawal Mimpi Jadi Kenyataan, Diunggah di Facebook 2014 tentang Kota Palu

Brankas Berisi Uang Rp 1 Miliar Ditemukan di Bawah Reruntuhan Gereja Setelah Gempa Palu

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla ketika ditemui di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta Kamis (22/3/2018).
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla ketika ditemui di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta Kamis (22/3/2018). (KOMPAS.com/ MOH NADLIR)

Lantas bagaimana kondisi di lapangan soal peranan pemerintah daerah dalam menangangi korban bencana ?

Sejumlah warga melampiaskan emosinya dengan merobek baliho kegiatan Festival Palu Nomoni (Palu Berbunyi) di Pantai Talise, Kota Palu, Sulteng, Jumat (5/10/18).

Halaman
123
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved