Breaking News:

Wirya Al Rahman Dilantik jadi Sekda Kota Medan, Kalahkan Empat Calon Lainnya

Merujuk pada UU nomor 5 tahun 2014 tentang Apa ratur Sipil Negara, yakni dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan PNS

Penulis: Liska Rahayu |
Tribun Medan/Liska Rahayu
Wali Kota Medan T Dzulmi Eldin melantik Wiriya Al Rahman sebagai Sekda baru di Kantor Wali Kota Medan, Senin (15/10/2018).  

Laporan Wartawan Tribun Medan/Liska Rahayu

TRIBUN-MEDAN.Com, MEDAN - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Wirya Al Rahman dilantik menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan, di Balai Kota Medan, Senin (15/10/2018).

Pelantikan ini ditandai dengan pengambilan Sumpah Janji jabatan oleh Wali Kota dan pembacaan Fakta Integritas oleh Sekda Kota Medan yang baru Wiriya Al Rahman.

Dalam sambutannya Eldin mengatakan, ada mekanisme baru dalam proses penetapan jabatan Sekda. Merujuk pada UU nomor 5 tahun 2014 tentang Apa ratur Sipil Negara, yakni dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan PNS.

Yaitu dengan memperhatikan syarat kompetensi kualifikasi dan kepangkatan. Selain itu juga dilihat dari pendidikan, pelatihan, rekam jejak jabatan dan integritas.

"Jabatan Sekda mempunyai peran yang sangat penting dan memiliki kewajiban membantu Kepala Daerah dalam menyusun kebijakan serta membina hubungan kerja dengan Dinas, lembaga teknis dan unit pelaksana lainnya. Artinya Sekda merupakan motor penggerak organisasi pemerintahan Daerah" katanya.

Eldin meminta kepada Sekda yang baru dilantik untuk menghayati peran dan fungsinya. Sekda juga harus mampu mengemban seluruh tugas administratif.

Diduga Lompat dari Lantai Lima Thamrin Plaza Medan, Pria Paruh Baya Tewas di Tempat

4 Fakta Penculikan & Pembunuhan Satu Keluarga di Tanjungmorawa Usai Geger Penemuan Mayat Solihin

Mahfud MD Berikan Jawaban Monohok Ketika Ditantang Buktikan Hasil Investigasi IndonesiaLeaks Hoaks

"Selain itu harus meningkatkan kemampuan dalam menyikapi teritorial dan penyelenggaraan otonomi daerah serta dapat berkoordinasi  secara produktif kepada seluruh instansi," ujarnya.

Akhirnya Terungkap Asal Kekuatan Tsunami Palu hingga Tanah Mencair, Simak Temuan Berikut Ini!

Polda Sumut Kirimkan Empat Truk Sembako untuk Korban Banjir dan Longsor Madina

Wiriya Al Rahman dilantik setelah menyingkirkan empat pesaingnya, yakni Kadis PPA Damikrot Harahap, Kepala DKP Muslim Harahap, Kepala BPBD Arjuna Sembiring dan Kadis Perindustrian Zulkifli Sitepu.

Menderita Katarak di Usia Belia, Cempaka Bercita-cita Menjadi Dokter Mata

AKP Martualesi Sitepu Pernah Bawa 250 Personel Serbu Peredaran Narkoba di Desa Sei Mencirim

Selain melantik Sekda baru, Wali Kota Medan juga melantik Kepala Dinas Lingkungan Hidup Isa Anshari dan Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi dan Pembangunan Syaiful Bahri Lubis.

Meja Kreatif Tongkrongan Pecinta Designer Grafis untuk Menuangkan Ide 

Polisi Gerebek Pub Grand The Blues, 12 Pengunjung Positif Gunakan Narkoba 

"Selamat kepada Sekda dan Eselon II yang baru dilantik. Ke depannya, mari kita  menjaga dan memelihara hasil-hasil pembangunan kota yang telah diraih selama ini dengan terus meningkat motivasi dan prestasi kerja. Embanlah tugas ini dengan ikhlas dan tulus," pungkasnya.

(cr5/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved