Edisi Cetak Tribun Medan

355 Ribu CPNS Tidak Lolos Syarat Administrasi, 8 Ribu Pelamar di Sumut Sudah Diverifikasi

Sebanyak 355 ribu lebih pelamar calon pegawai negeri sipil atau calon aparatur sipil negara 2018 dinyatakan gagal seleksi.

Tribun-timur.com
Ilustrasi: Berkas Pendaftaran CPNS. (Tribun-timur.com) 

JAKARTA, TRIBUN - Sebanyak 355 ribu lebih pelamar calon pegawai negeri sipil atau calon aparatur sipil negara 2018 dinyatakan gagal seleksi, hingga hari kedua pengumuman, Selasa (16/10).

Mereka tidak memenuhi seleksi administrasi. Jumlah ini akan terus bertambah, karena proses verifikasi dan pemeriksaan hasil tes akan berjalan sampai hari Minggu (21/10). Adapun seleksi CPNS di Sumatera Utara masih dalam tahap verifikasi.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara ( BKN) Muhammad Ridwan mengungkapkan, jumlah pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau calon aparatur sipil negara (CASN) 2018 yang mendaftar secara tuntas di situs sscn. bkn.go.id sebanyak 3.627.981 orang.

Sementara ini, pendaftar yang telah diverifikasi dan dinyatakan lolos seleksi administrasi sebesar 1.751.661 orang.

"Yang tidak memenuhi syarat sampai detik ini 355.733 orang. Ini (secara keseluruhan) masih bergerak ya datanya," kata Ridwan dalam konferensi pers di gedung BKN, Jakarta, Selasa (16/10).

Sementara itu, sisa dari jumlah total pendaftar belum diverifikasi instansi terkait. Proses akan terus berjalan hingga Minggu nanti.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional VI Provinsi Sumut English Nainggolan belum bisa memberikan data hasil seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018. Sejauh ini tahapan verifikasi masih berjalan terhadap instansi yang dipilih para pelamar.

"Sampai sekarang instansi masih melakukan verifikasi. Sudah ada delapan ribuan pelamar yang terverifikasi," ujar English Nainggolan kepada Harian Tribun Medan/daring Tribun-Medan.com, Selasa (16/10).

Posisi dan bidang kerja yang dipilih para pelamar pun, belum dapat diketahui. "Masih disusun, ada pun secara nasional," kata English.

Menurut English, sebanyak 8.828 pendaftar di Provinsi Sumatera Utara sudah terverifikasi. Tahap selanjutnya adalah, verifikasi pada 21 Oktober mendatang.

Halaman
123
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved