Family Day Tribun Medan Alfamidi

Pada Family Day Tribun Medan Alfamidi, BNPB Kampanyekan Masyarakat Tangguh Hadapi Bencana

Kami ingin membangun suatu komitmen bagaimana mewujudkan ketangguhan bencana itu ada pada tatanan masyarakat.

Pada Family Day Tribun Medan Alfamidi, BNPB Kampanyekan Masyarakat Tangguh Hadapi Bencana
TRIBUN MEDAN/CHANDRA SIMARMATA
Dr. Raditya Jati, S.Si, M.Si selaku Direktur Pengurangan Risiko Bencana BNPB didampingi Pemred Tribun Medan Syarif Dayan (kiri) saat mengambil kupon undian door prize dan lucky draw di acara Family Day Tribun Medan Alfamidi, Minggu (21/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Chandra Simarmata

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) turut hadir berpartisipasi  pada Gelaran Family Day Tribun Medan with Alfamidi, di lapangan Benteng, Minggu (21/10/2018).

Dr. Raditya Jati, S.Si, M.Si selaku Direktur Pengurangan Risiko Bencana BNPB mengatakan, ikutnya BNPB berpartisipasi dalam kegiatan family fun Tribun Medan dan Alfamidi ini sekaligus bertujuan untuk mengkampanyekan kepada masyarakat agar memiliki kesadaran, kesiapan, dan ketangguhan menghadapi bencana.

"Hari ini dua agenda penting yang kita sampaikan, pertama adalah solidaritas kepada saudara kita di NTB, dan Sulteng atas kejadian bencana yang telah dialami. Kedua, Kami ingin membangun suatu komitmen bagaimana mewujudkan ketangguhan bencana itu ada pada tatanan sampai masyarakat. Dan dikesempatan kali ini bersama Tribun dan Alfamidi," ujarnya saat diwawancara Tribun Medan.

Menurut Dr Raditya, kampanye yang mereka lakukan di kota Medan lewat acara Tribun Medan Alfamidi menjadi sarana edukasi langsung kepada masyarakat yang dapat bersentuhan dengan berbagai kalangan.

Kampanye ini, sambungnya, diharapkan menjadikan masyarakat kota Medan tidak hanya sehat tetapi juga menjadi siap menghadapi bencana, sekaligus sadar terhadap bencana. Kegiatan ini, kata Raditya juga bersamaan dengan bulan peringatan pengurangan resiko bencana yang merupakan agenda yang telah disepakati di PBB tepatnya setiap tanggal 13 Oktober setiap tahunnya.

"Jadi harapan kami bagaimana edukasi kebencanaan ini bisa langsung ke masyarakat, langsung ke anak-anak generasi penerus, remaja sampai dewasa dan orang tua bahwa kita itu ada di kawasan rawan bencana dan untuk itu kita harus siap menghadapi itu," terangnya.

Terkait persiapan dalam menghadapi datangnya bencana, Lebih lanjut. Dr Raditya menekankan bahwa perlu adanya kesiapan.

Menurutnya, Salah satu kesiapan itu adalah bagaimana kita menyadari serta harus mengetahui apa saja yang kita lakukan dan siapkan ketika datang bencana. Karena itu, perlu dilakukan simulasi, serta selalu belajar dari pengalaman yang kita alami selama ini dengan menerapkan Mitigasi bentuk struktural maupun non struktural yang dilakukan bersama.

"Salah satu kejadian yang ada di NTB dan Sulteng, setelah tsunami, di sini kita ada ancaman baru yang disebut likuifaksi. Jadi Yang paling penting juga adalah, membangun kemitraan antara lembaga usaha, pemerintah dan masyarakat, lewat sinergis yang baik untuk membangun ketangguhan bangsa," ungkapnya.

Sementara itu, Di sela-sela kegiatan kampanye BNPB, Dr Raditya juga mengatakan pihaknya turut berpartisipasi dalam memberikan hadiah kepada para peserta family Day Tribun Medan Alfamidi. Selain games yang di gelar di stand BNPB, pihaknya juga turut memberikan doorprize berupa sepeda kepada peserta.

"Jadi kami ada partisipasi door prize juga berupa sepeda. Kita juga turut ikut menyehatkan masyarajat dengan sepeda. Sepeda ini ikut menggerakkan masyarakat supaya mereka tetap sehat," ujarnya.

(cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved