Deliserdang Optimis Kembali Raih APE 2018

Kabupaten Deliserdang optimis akan kembali meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE)

Deliserdang Optimis Kembali Raih APE 2018
Tribun Medan/HO
Tim Verifikasi APE 2018 APE menyampaikan hasil pelaksanaan program kegiatan pembangunan PP dan PA secara sistematis dan berkelanjutan di Kabupaten Deliserdang, Selasa (23/10/2018) di Aula Kaharuddin Nasution Kantor Gubernur Sumatera Utara. 

TRIBUN-MEDAN.COM, DELISERDANG - Kabupaten Deliserdang optimis akan kembali meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan (PP) dan Perlindungan Anak (PA) di Tahun 2018 ini.

Diketahui bahwa Anugerah APE ini, pernah diraih Kabupaten Deliserdang pada Tahun 2016 kemarin yang ketika itu Kabupaten Deliserdang menerima Penghargaan APE Katagori Madya dari Kementerian PP-PA.

Tim Verifikasi APE 2018 APE menyampaikan hasil pelaksanaan program kegiatan pembangunan PP dan PA secara sistematis dan berkelanjutan di Kabupaten Deliserdang, Selasa (23/10/2018) di Aula Kaharuddin Nasution Kantor Gubernur Sumatera Utara.
Tim Verifikasi APE 2018 APE menyampaikan hasil pelaksanaan program kegiatan pembangunan PP dan PA secara sistematis dan berkelanjutan di Kabupaten Deliserdang, Selasa (23/10/2018) di Aula Kaharuddin Nasution Kantor Gubernur Sumatera Utara. (Tribun Medan/HO)

Karenanya dihadapan Tim Verifikasi APE 2018 yang beranggotakan dari Pakar Gender Nini Nirawati dan Ratna Uni Kholifah perwakilan dari Kementerian PP-PA, Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan Bersama Ketua TP PKK Ny Hj Yunita Ashari, Ketua KPU Deliserdang Timo Dahlia Daulay serta para Pimpinan OPD menyampaikan hasil pelaksanaan program kegiatan pembangunan PP dan PA secara sistematis dan berkelanjutan di Kabupaten Deliserdang, Selasa (23/10/2018) di Aula Kaharuddin Nasution Kantor Gubernur Sumatera Utara.

Baca: Bupati Ashari Tambunan Serahkan Donasi Bersama Deliserdang untuk Palu, Donggala dan Sigi

Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan pada kesempatan itu menyampaikan bahwa saat ini Kabupaten Deliserdang masuk sebagai nominator calon penerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) yaitu berupa penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Provinsi dan Kabupaten Kota yang telah berkomitmen tinggi dalam pelaksanaan strategi Pengarustamaan Gender (PUG) dan Pemberdayaan Perempuan (PP) di berbagai sektor.

“Saya menyikapi momen penghargaan ini tidaklah hanya sekedar untuk diraih, melainkan lebih jauh lagi untuk dapat meningkatkan pembangunan PP-PA sebagai mana yang tertuang di dalam Nawacita dan Trisakti Presiden yang menekankan Negara hadir dalam setiap permasalahan rakyat”, ucap Kepala Daerah.

“Karenanya dalam pelaksanaan PUG PP di Kabupaten Deliserdang sesuai dengan RP JMD yang tergambar dalam empat program yaitu pertama Program keserasian kebijakan peningkatan kualitas anak dan perempuan.

Baca: Bupati H Ashari Tambunan: Deliserdang Akan Bangun Rumah Singgah

Kedua Program penguatan kelembagaan PUG dan anak ketiga Program peningkatan kualitas hidup dan PP, keempat Program peningkatan peran serta dan kesetaraan gender dalam pembangunan”, jelas Bupati.

“Program ini tidak hanya dilaksanakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan anak, melainkan bersinergi dengan OPD dan lembaga lainnya yang diwadahi melalui kelompok kerja, gugus tugas dan forum koordinasi lainnya, yang mengantarkan OPD dan lembaga lainnya dapat meraih penghargaan-penghargaan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing”, kata Bupati H Ashari Tambunan.

Sementara itu Ratna Uni Kholifah perwakilan dari Kementerian PP-PA mengatakan bahwa maksuda dan tujuan ini adalah untuk memverifikasi dan melihat lebih dalam langkah yang didata dari informasi yang telah dikirim ke Tim Verifikasi ini terkait pelaksanaan pengalokasian Pengarustamaan Gender di Kabupaten Deliserdang.

Ini semua dengan harapan agar Tim memperoleh data dan informasi yang lebih lengkap sebagai bahan pertimbangan dalam menominasikan calon penerima APE Tahun 2018 yang akan diberikan oleh Presiden Republik Indonesia.

Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved