Lion Air Jatuh

Robot ROV yang Sukses Visualkan Bangkai KM Sinar Bangun di Danau Toba Ikut Cari Lion JT-610

Seperti yang di danau Toba kemarin, kita pakai ROV juga. Gambar-gambar mayat (di danau Toba) juga kita yang ambil (menggunakan ROV)," jelasnya.

Robot ROV yang Sukses Visualkan Bangkai KM Sinar Bangun di Danau Toba Ikut Cari Lion JT-610
Twitter/Basarnas
Robot ROV milik BPPT diluncurkan oleh tim Basarnas untuk menyelam ke dasar Danau Toba mencari korban KM Sinar Bangun. Kini robot ROV ini akan diterjunkan mencari bangkai pesawat JT-610 di perairan Tanjung Karawang. 

TRIBUN-MEDAN.com - Kapal Riset (KR) Baruna Jaya I milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi ( BPPT) sudah ada di Perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat untuk ikut dalam misi pencarian kotak hitam (black box) pesawat Lion Air JT 610.

Deputi Bidang Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam BPPT Hammam Riza berkata kapal tersebut sudah bergerak dari Dermaga Muara Baru, Jakarta Utara, sejak semalam (29/10/2018).

"Sekarang sudah di lokasi untuk menjalankan misinya, misi untuk pencarian dan kemudian nanti evakuasi dari kotak hitam itu," kata Hammam yang dihubungi lewat sambungan telepon, Selasa (30/10/2018).

Sampai Selasa sore, sudah terkumpul 52 kartu identitas seperti KTP, Paspor dan kartu lain, sementara bagian jasad korban sudah terkumpul dalam 37 kantung jenazah.

Hal itu dikemukakan Nugroho Budi Wiryanto, Deputi Operasi Basarnas, dalam jumpa pers Selasa (30/10) pukul 19.

Ke-37 kantung jenazah itu dikirim ke RS Polri Kramat Jati, kata Nugroho, "Namun, 37 kantung jenazah itu bukan berati 37 orang korban, karena merupakan bagian-bagian tubuh saja, yang masih harus diidentifikasi." 

Untuk melakukan pencarian kotak hitam, kapal Baruna membawa empat alat untuk mengidentifikasi di mana lokasi dan titik koordinatnya.

Adapun empat alat tersebut antara lain Multibeam Echo Sounder, Side Scan Sonar, Magnetometer, dan Remotely Operated Vehicles (ROV).

Empat alat canggih yang dibawa <a href='https://medan.tribunnews.com/tag/kr-baruna-jaya-i' title='KR Baruna Jaya I'>KR Baruna Jaya I</a> dalam misi pencarian pesawat <a href='https://medan.tribunnews.com/tag/lion-air-jt-610' title='Lion Air JT-610'>Lion Air JT-610</a>

Empat alat canggih yang dibawa KR Baruna Jaya I dalam misi pencarian pesawat Lion Air JT-610

Berikut satu persatu fungsi keempat alat canggih tersebut:

Halaman
1234
Editor: Tariden Turnip
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved