Untuk Pemilu 2019, KPUD Dairi Masih Tunggu Ribuan Unit Kotak Suara Berbahan Kardus

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Dairi masih menunggu ribuan unit kotak suara berbahan kardus

Untuk Pemilu 2019, KPUD Dairi Masih Tunggu Ribuan Unit Kotak Suara Berbahan Kardus
Ketua KPUD Dairi, Sudiarman Manik (kanan) dan Kasubbag Logistik KPUD Dairi, Fitri Ujung saat diwawancarai Kamis (1/11/2018), soal kebutuhan kotak suara untuk Pemilu 2019. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Dairi masih menunggu ribuan unit kotak suara berbahan kardus yang akan dipergunakan pada Pemilu 17 April 2019 mendatang.

Ketua KPUD Dairi, Sudiarman Manik menyebutkan kotak suara aluminium yang dipakai pada momentum sebelumnya tidak akan lagi dipergunakan pada Pemilu 2019.

"Kami masih menunggu kotak suara yang terbuat dari kardus dan transparan. Pengadaannya itu KPU RI," kata Sudiarman, Kamis (1/11/2018).

Lebih lanjut, Sudiarman menjelaskan kotak suara yang dibutuhkan untuk satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 5 unit. Kotak suara itu dipergunakan untuk Pileg dan Pilpres mendatang.

Berdasarkan penetapan DPTHP pada 13 September 2018 lalu, di Kabupaten Dairi diketahui ada sebanyak 868 TPS. Sehingga total kotak suara yang dibutuhkan sebanyak 4.340 unit.

"Jumlah itu bisa saja bertambah. Kan dalam waktu dekat bakal ada lagi penetapan DPTHP-1, ada ratusan data DPT yang harus dicermati, jadi bisa saja TPS juga bertambah," jelasnya.

Sedangkan kotak suara berbahan aluminium yang terakhir kali dipergunakan untuk Pilbub Dairi dan Pilgub Sumut pada 27 Juni 2018 lalu, rencananya akan dilelang.

"Kalau kotak suara yang dari kaleng itu, akan kami lelang. Mungkin tahun depan," sebutnya.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved