Anggota Dewan: Pemko Medan Tidak Punya Rencana Jelas Terkait Pembangunan Bekas Pasar Aksara

Sampai saat ini Pemko Medan belum memiliki rencana yang jelas terkait pembangunan di bekas Pasar Aksara.

Anggota Dewan: Pemko Medan Tidak Punya Rencana Jelas Terkait Pembangunan Bekas Pasar Aksara
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Pekerja dengan alat berat merobohkan bangunan Pasar Aksara Medan, Kamis (1/6/2017). Pascaterbakar pada 12 Juli 2016 bangunan tersebut dirobohkan Kamis siang, namun Pemerintah Kota Medan belum mengetahui peruntunkan lahan. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Liska Rahayu

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Anggota komisi C DPRD Kota Medan Boydo mengatakan, sampai saat ini Pemko Medan belum memiliki rencana yang jelas terkait pembangunan di bekas Pasar Aksara.

Padahal pemerintah pusat sudah memprioritaskan anggaran untuk pasar yang terbakar.

"Dulu sebenarnya kalau untuk pasar yang terbakar, itu ada prioritas bantuan dari pemerintah pusat. Hampir Rp 30 miliar, tapi itu enggak bisa direalisasikan kala Pemko Medan buat proposalnya. Pemko ini untuk Kota Medan yang terbesar ketiga di Indonesia, aparatnya masih tergolong lambatlah," katanya, Selasa (6/11/2018).

Dia mengatakan, rencana pembangunan fly over tidak akan memakan seluruh lahan bekas pasar tersebut. Jika dibangun fly over, menurutnya tidak akan mengenai bekas bangunan sehingga tidak masalah jika dibuat pasar kembali.

"Cuma ya inilah, kadang-kadang Pemko ini suka kali membuat aset-asetnya terbengkalai. Padahal kita sangat membutuhkan PAD," katanya.

Ia meminta agar Pemko Medan tidak membiarkan aset-aset Pemko Medan terbengkalai. Sehingga tidak kejadian seperti lahan Medan Plaza yang kini milik pihak lain.

"Dari tahun 2015 terbakar, ternyata akhirnya sudah sama orang lain. Nanti Pasar Aksara tiba-tiba sudah sama orang lain lagi. Nanti ada alasan lagi kalah sidang, padahal pembiaran sebenarnya. Sepertinya ada unsur kesengajaan begitu," ucapnya.

Mengenai pembangunan di lahan bekas Pasar Aksara, Boydo mengatakan pihaknya akan melihat rencana Pemko Medan dalam pembahasan anggaran 2019.

"Tidak ada kejelasan. Pembahasan anggaran 2019 nanti kita lihat sajalah. Belum ada dimasukkan, ini kan mau membahas RAPBD 2019. Jadi kita lihat saja," pungkasnya.

(cr5/tribun-medan.com)

Penulis: Liska Rahayu
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved