Bencana di Madina, Data BPBD: 400 Warga Korban Banjir dan 78 Unit Rumah Hanyut

Kepala Pelaksana BPBD Mandailingnatal Yasir mengatakan, sekitar 300 sampai 400 orang terdampak

Bencana di Madina, Data BPBD: 400 Warga Korban Banjir dan 78 Unit Rumah Hanyut
BPBD Madina
Ruas jalan yang menghubungkan Panyabungan-Kotanopan, Mandailingnatal, rusak akibat diterjang luapan air Sungai Batang Gadis, Kamis (8/11/2018). Kerusakan ini menyebabkan arus lalu lintas lumpuh total. Padahal, jalur ini menghubungkan Sumut-Sumbar. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Nanda F. Batubara

TRIBUN-MEDAN.com, MANDAILING NATAL - Kepala Pelaksana BPBD Mandailingnatal Yasir mengatakan, sekitar 300 sampai 400 orang terdampak akibat banjir serta longsor di Mandailingnatal, Kamis (8/11/2018).

Menurut Yasir, kebanyakan dari mereka mengungsi sementara ke rumah keluarga atau kerabat.

Berdasarkan data terkini hingga pukul 15.30 WIB, tercatat sekitar 78 unit rumah hancur maupun rusak akibat banjir dan longsor.

Menurut Yasir, terdapat 13 kecamatan di Mandailingnatal yang terdampak banjir ataupun longsor sejak Rabu (7/11/2018).

"Yang terdampak kira-kira untuk rumah ada 78 yang hanyut atau rusak. Kalau pengungsi sekitar 300 lebih atau 400. Itu masih dikondisikan di rumah keluarga, belum (ditempatkan di posko pengungsian) karena sulit ke sana mengingat banyaknya titik longsor di Batangnatal dan Linggabayu. Sekarang masih pengerjaan, hanya baru beberapa titik yang selesai," kata Yasir.

Selain merendam dan menghayutkan puluhan rumah, banjir juga merusak fasilitas umum seperti ruas jalan jalur Panyabungan-Kotanopan, Mandailingnatal.

Saat ini, sejumlah unit alat berat sudah diturunkan ke lokasi. Namun, hanya kendaraan tertentu yang bisa melintasi jalan ini. Seperti diketahui, jalan tersebut juga menghubungkan Sumut-Sumbar.

"Masih dalam pengerjaan, mungkin kendaraan kecil saja yang baru bisa lewat," kata Yasir.

Intensitas curah hujan yang tinggi sejak Rabu (7/11/2018), menyebabkan sejumlah daerah di Mandailingnatal terdampak banjir.

Halaman
12
Penulis:
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved