Distribusi Logistik Pemilu 2019, Ini Data Kabupaten/kota yang Sudah Terima Kotak Suara

Batara memberikan data bahwa sudah ada 63.451 kotak suara yang sampai di 14 Kabupaten/kota.

Distribusi Logistik Pemilu 2019, Ini Data Kabupaten/kota yang Sudah Terima Kotak Suara
TRIBUN MEDAN/HO
Komisioner KPU Sumut, Batara Manurung 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Chandra Simarmata

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Logistik pemilu berupa kotak suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, secara bertahap terus dikirimkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) ke seluruh kabupaten/kota di Sumatera Utara (Sumut).

Hal ini disampaikan oleh Komisioner KPU Sumut Divisi Perencanaan dan Logistik Batara Manurung, Kamis (8/11/2018).

Batara mengatakan, setelah tujuh kabupaten/kota yang masuk gelombang pertama yakni Kota Sibolga, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), dan wilayah Nias seluruhnya selesai menerima logistik kotak suara, pengiriman terus dilanjutkan untuk wilayah KPU kabupaten/kota lainnya di Sumut.

Pada gelombang kedua sejumlah daerah juga sudah menerima kiriman logistik kotak suara yang diterima oleh KPU kabupaten/kota. Di antaranya Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Deliserdang, Sedang Bedagai, Langkat dan Padangsidempuan.

Untuk yang terbaru, kata Batara, berdasarkan data rekapitulasi sementara, ada 3 kabupaten/kota lainnya yang juga sudah menerima logistik kotak suara.

"Pak Pak Bharat, Humbahas, dan Dairi. Total jadi 16 kabupaten/kota sementara," terangnya.

Batara juga menjelaskan bahwa untuk logistik kotak suara yang sudah masuk ke Dairi dan Humbahas masih sedang dicek oleh pihak KPU kabupaten/kota apakah ada kerusakan.

"Sedang proses hitung dan mengecek kebaikan logistik yang mereka terima," ujarnya.

Lebih lanjut, dari hasil rekapitulasi jumlah sementara KPU Sumut, Batara memberikan data bahwa sudah ada 63.451 kotak suara yang sampai di 14 Kabupaten/kota. Ini belum termasuk untuk Humbahas dan Dairi yang masih proses penghitungan.

Begitu juga terkait adanya sejumlah kotak suara yang rusak, masih kurang maupun berlebih di beberapa kabupaten/kota, kata Batara pihaknya masih akan menghimpun dulu semua data berdasarkan laporan dari kabupaten/kota sehingga dapat dihitung seluruhnya.

"Kita himpun dulu semua kab/kota laporannya setelah seluruh kab/kota menerima logistiknya," tandas mantan komisioner KPU Pematangsiantar tersebut.

(cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved