Peringati Maulid Nabi, Anak Didik Lapas Harus Meningkatkan Ukhuwah Islamiah

Maulid Nabi merupakan peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang jatuh pada tanggal 12 Rabi'ul Awal

Peringati Maulid Nabi, Anak Didik Lapas Harus Meningkatkan Ukhuwah Islamiah
Istimewa
Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw di Kalapas Khusus Anak Tanjunggusta, Medan 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Alija Magribi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Maulid Nabi merupakan peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang jatuh pada tanggal 12 Rabi'ul Awal setiap tahunnya. Tentunya, hari besar umat Islam ini tak mungkin dilewatkan begitu saja.

Terkhusus bagi anak didik binaan Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Tanjunggusta, Medan. Meskipun tak memeriahkan acara tersebut dengan keluarga ataupun kerabat pada umumnya, Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1440 Hijriyah tak boleh ditinggalkan begitu saja.

Bersama dengan ratusan teman-teman lainnya, peringatan kelahiran nabi ini harus dijadikan untuk meningkatkan ukhuwah islamiah

"Anak didik Pemasyarakatan (Andikpas) harus bisa baca tulis Alquran, sholat, shalawat dan melaksanakan sunnah sunnah Nabi. Perkembangan kegiatan keagamaan akan menjadi Indikator bagi Andikpas untuk diusulkan hak-hak reintegrasi sosialnya," ucap Kadivpas Abdul Aris dalam pesannya.

Ustaz Syamsul yang hadir dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad berpesan agar anak didik perlu mencontoh suri tauladan Nabi Muhammad.

"Mari kita mencontohkan sifat-sifat Nabi dalam meningkatkan ukhuwah kita. Siddiq, Amanah, Fathanah dan Tabligh. Terlebih, anak-anak disini masih punya masa depan yang menunggunya di luar sana. Masa depan tersebut harus diisi dengan nilai-nilai yang ditanamkan Nabi Muhammad," ucap Ustaz.

Ustaz Syamsul juga mengajak anak didik binaan untuk menjaga persatuan di tengah perbedaan. Ustaz berpesan bahwa persaudaraan akan membuat bangsa dan negara semakin kuat melawan tantangan zaman.

Suasana bertambah haru tatkala seorang anak didik binaan Lapas Jamaluddin Rambe membacakan lantunan ayat-ayat Alquran ditengah sekitar 200an anak didik binaan lainnya dan jajaran Lapas Klas IA Khusus Anak.

Kepala Lpka Kelas I Medan Bapak Sardiaman Purba sangat Senang dan Bangga kehadiran Bapak Kadiv Pas di Lpka Kelas I medan dalam Perayaan maulid Nabi Muhammad kali ini.

Sardiaman Purba mengatakan, Lpka Kelas I Medan akan membuat program terbaik di dalam proses, baik pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian seperti pesan Kadiv Pas Abdul Aris pada sambutan sebelumnya.

Acara peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw di Lapas yang dilaksanakan Selasa (20/11/2018) berakhir sekira pukul 11.00 WIB siang sebelum anak didik melanjutkan kegiatan makan siang dan salat Zuhur berjamaah.

(cr15/tribun-medan.com)

Penulis: Alija Magribi
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved