Viral Medsos

BIN Catat 50 Penceramah di 41 Masjid dan 7 Perguruan Tinggi Negeri Terpapar Radikalisme

Badan Intelijen Negara (BIN) catat 50 Penceramah di 41 masjid dan 7 kampus terpapar radiikalisme

BIN Catat 50 Penceramah di 41 Masjid dan 7 Perguruan Tinggi Negeri Terpapar Radikalisme
Kompas.com/ Kristian Erdianto
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto saat memberikan keterangan usai rapat koordinasi terbatas tingkat menteri terkait keamanan nasional, di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat. (Kompas.com/ Kristian Erdianto) 

TRIBUN-MEDAN.COM - Badan Intelijen Negara (BIN) ‎mendapatkan laporan dari Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat‎ (P3M) NU, bahwa 50 Penceramah di 41 masjid lingkungan pemerintah terpapar radikal.

Jubir Kepala BIN Wawan Hari Purwanto‎ mengatakan, hasil survei yang dilakukan oleh P3M NU sebagai peringatan dini dan ditindaklanjuti dengan pendalaman serta penelitian lanjutan oleh BIN.

"Masjidnya tidak radikal, tapi ada penceramahnya di masjid di lingkungan pemerintah semua di Jakarta," kata Wawan di Jakarta, Selasa (20/11/2018) sebagaimana dikutip dari Tribunnews.com.

Menurutnya, masjid yang berada di kementerian/lembaga maupun BUMN perlu dijaga agar penyebaran ujaran kebencian terhadap kalangan tertentu melalui ceramah agama tidak mempengaruhi masyarakat dan mendegradasi Islam sebagai agama yang menghormati setiap golongan.

Disebutkan, yang terpapar tersebut menyampaikan ujaran-ujaran kebencian dan mengkafir-kafirkan orang lain.

"Upaya BIN untuk memberikan early warning dalam rangka meningkatkan kewaspadaan, tetap menjaga sikap toleran dan menghargai kebhinekaan," tuturnya.

BIN Sebut 7 Kampus Negeri Terpapar Paham Radikalisme
Jubir Kepala BIN Wawan Hari Purwanto. | Tribunnews.com/Seno

BIN juga melakukan pemberdayaan Da'i atau penceramah untuk dapat memberikan ceramah yang menyejukkan dan mengkonter paham radikal di masyarakat.

‎Wawan tidak menyebut secara jelas apakah penceramah tersebut terafialiasi dengan kelompok berajaran radikal tertentu atau tidak, namun yang pasti BIN terus melakukan pendalaman.

"Yang jelas ada penceramah seperti itu dan sudah kita dalami dan kita lakukan pendekatan-pendekatan supaya enggak lebih (jauh) lagi," papar Wawan.

7 Perguruan Tinggi Negeri

Halaman
1234
Editor: Abdi Tumanggor
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved