Mekarnya Bunga Pohon Tetabuya buat Warga Surabaya Merasa Berada di Jepang, Ini Foto-fotonya

Pohon ini didatangkan dari Malang dan Kediri, selain itu petani di Surabaya juga sudah membudidayakan bibit tabebuya.

Mekarnya Bunga Pohon Tetabuya buat Warga Surabaya Merasa Berada di Jepang, Ini Foto-fotonya
SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Bunga Tabebuya bermekaran di kawasan Marmoyo (depan Kebun Binatang Surabaya) hingga Jl Diponegoro, Senin (26/11/2018). Tabebuya adalah jenis tanaman yang berasal dari Brasil dengan karakteristiknya sama seperti pohon sakura saat berbunga. Memasuki musim hujan di bulan November bunga bermekaran hingga berasa seperti Jepang dengan bunga sakuranya. 

TRIBUN-MEDAN.com-Mekarnya Bunga Pohon Tabebuya di beberapa jalan protokol di Surabaya menjadi perhatian publik. Tak sedikit warga Surabaya yang mengabadikan momen dengan latar bunga tabebuya membuatnya viral di media sosial.

Meski sudah memasuki musim penghujan, kehadiran bunga tabebuya ini membuat Kota Surabaya terasa lebih indah dan rindang. Banyak yang beranggapan bahwa bunga tabebuya ini mirip musim sakura di Jepang.

Dilansir Tribunnews.com dari wikipedia pada Rabu (28/11/2018), pohon Tabebuya ini berasal dari negara tropis, yakni Brazil tetapi yang sering dijumpai di Indonesia berbentuk terompet dan bergerombol dengan ukuran 3 - 5 Tabebuya termasuk jenis pohon besar yang memiliki keunggulan daunnya tidak mudah rontok, serta akarnya tidak merusak rumah atau tembok.

Dikutip Tribunnews.com dari Kompas.com, tabebuya di Surabaya sudah ditanam sejak tahun 2010. Pohon ini didatangkan dari Malang dan Kediri, selain itu petani di Surabaya juga sudah membudidayakan bibit tabebuya.

Terdapat empat jenis tabebuya yang bersemi di Surabaya, ada kuning, pink, putih dan ungu yang disebut-sebut mirip bunga sakura.

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabata, Muhammad Fikser mengatakan, tabebuya itu teresbar di sejumlah jalan protokol di Surabaya, antara lain Jalan Ahmad Yani, Jalan Darmo, dan Jalan Raya Gubeng.

"Bunga tabebuya itu sebenarnya sudah banyak tersebar di beberapa tempat, sampai di pelosok jalan, tapi memang yang paling banyak di jalan-jalan utamA protokol," papar Fikser, Selasa (27/11/2018).

Fikser juga menambahkan bahwa ide awal penanaman tabebuya merupakan inisiatif Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, bahkan jauh sebelum beliau menjabat sebagai Wali Kota Surabaya.

 

Selain mempercantik kota, tujuan penanaman pohon ini adalah untuk memberikan habitat alami bagi ragam biota seperti burung, kupu-kupu dan kumbang. Dalam setahun, bunga ini biasanya mekar dua kali yakni di bulan April dan November.

(*) Artikel ini sudah terbit di Tribunnews dengan judul Cantiknya Bunga Tabebuya di Surabaya, buat Suasana Bagaikan di Jepang  

Penulis: Joseph W Ginting
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved