Darurat Narkoba

News Video: Polres Dairi Blender 56, 24 Gram Sabusabu yang Diselundupkan ke Rutan Sidikalang

Pemusnahan barang bukti sabusabu itu disaksikan langsung oleh tersangka, Karutan Sidikalang, Jhonny H Gultom serta sejumlah perwakilan

News Video: Polres Dairi Blender 56, 24 Gram Sabusabu yang Diselundupkan ke Rutan Sidikalang
Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya
Kepala BNNK Karo, AKBP Heppi Karokaro memasukkan sabusabu ke dalam blender untuk dimusnahkan di halaman Mapolres Dairi, Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang pada Rabu (5/12/2018) dengan disaksikan Wakapolres Dairi, Kompol Togu Matanari, Kasat Res Narkoba, AKP Robinson Ginting, Karutan Sidikalang, Johnny H Gultom, perwakilan Pemkab Dairi, Kodim 0206, Kejari Dairi dan Pengadilan Negeri Sidikalang. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Satuan Reserse Narkoba Polres Dairi memusnahkan sabusabu seberat 56,24 gram dengan cara diblender pada Rabu (5/12/2018) di halaman Mapolres Dairi, Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang.

Barang bukti sabusabu itu sebelumnya hendak diselundupkan seorang remaja berinisial JMFT (17) warga Jalan Sudirman, Sidikalang, Dairi ke dalam Rutan Klas IIB Sidikalang pada Minggu (25/11/2018) lalu.

Pemusnahan barang bukti sabusabu itu disaksikan langsung oleh tersangka, Karutan Sidikalang, Jhonny H Gultom serta sejumlah perwakilan dari Kodim 0206 Dairi, Kejari Dairi, Pengadilan Negeri Sidikalang dan lainnya.

"Awalnya sabusabu yang disita dari tangan tersangka seberat 66,24 gram. Namun, 10 gram sabusabu yang berasal dari barang bukti tersebut disisihkan ke Labfor Medan untuk kepentingan penyidikan," kata Kasat Res Narkoba Polres Dairi, AKP Robinson Ginting, Rabu.

Lebih lanjut, Robinson menyebutkan hasil penyelidikan Laboratorium Forensik (Labfor) Medan, barang bukti yang hendak diselundupkan tersangka ke Rutan Sidikalang dinyatakan positif mengandung amfetamin atau narkotika golongan satu (I) bukan tanaman.

Bos Lion Air Rusdi Kirana Dikabarkan Marah pada Boeing, Pembelian 22 Miliar Dollar Terancam Batal

MUKZIJAT! Bayi yang Dibuang Ibunya ke Sungai Deli Ditemukan Selamat, Begini Kronologinya

Mukjizat, Jimmi Aritonang Karyawan Istaka Karya Selamat dari Berondongan Peluru KKB

Debat Alot Fadli Zon dengan Irma Suryani, Aa Gym Berdiri: Malu, Malu, Malu

Selanjutnya sabusabu yang telah diblender dengan campuran air, kemudian dibuang ke dalam selokan.

"Tersangka dalam hal ini dikenakan Pasal 114 subsider Pasal 112 tentang Narkotika Jo Undang Undang 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Anak," ucapnya.

Untuk diketahui, kasus ini terungkap berawal ketika tersangka JMFT mendatangi Rutan Klas IIB Sidikalang untuk mengantar sebuah bungkusan makanan yang ditujukan untuk seorang Warga Binaan bernama Salim pada Minggu (25/11) lalu.

Pria Ini Tega Tikam Istrinya yang Hamil Tujuh Bulan Delapan Kali karena Dilarang Merokok 

Tak Lagi Latih PSMS Peter Butler Ucapkan Salam Perpisahan dan Sampaikan Pesan Ini 

Polisi Tangkap Pengedar Narkoba saat Santai di Rumah, Polisi Temukan Sabusabu dan Timbangan Elektrik

Petugas Rutan yang mencurigai gerak gerik JMFT kemudian melakukan pemeriksaan terhadap barang titipan tersangka tersebut. Hasilnya menemukan satu bungkus plastik berisi sabusabu di dalam sebuah kotak makanan ringan yang dibawa tersangka.

"Kejadian hari Minggu, kan tidak ada jam bertamu. Jadi tersangka JM menitipkan makanan ringan yang dibungkus dalam bentuk kotak kepada petugas. Makanan itu untuk dititipkan kepada warga binaan. Hasil pemeriksaan petugas didalamnya diduga berisi narkoba," kata Karutan Sidikalang, Jhonny ketika itu.

Kapolres Deliserdang Sebut Wanita yang Dikabarkan Nyaris Diperkosa Tidak Melapor ke Polisi 

Perusahaan di Cina Denda Karyawannya yang Tidak Berjalan Kaki 180 Ribu Langkah Per Bulan

Polsek Percutseituan Kawal Penertiban Spanduk dan Baliho Caleg yang Diduga Menyalahi Aturan

Selanjutnya petugas Rutan menghubungi Sat Res Narkoba Polres Dairi. Hingga akhirnya tersangka JMFT dan barang bukti sabusabu serta kendaraan sepeda motor Kawasaki Ninja bewarna biru tanpa plat diamankan ke Mapolres Dairi.

"Setelah melihat hasil pemeriksaan, maka diproses lah sesuai ketentuan hukum yang berlaku," ujarnya.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved