Di Balik Insiden Pembantaian di Nduga, Pekerja Ternyata tanpa Pengawalan hingga Terjadi Penembakan

Insiden pembantaian di Nduga, para pekerja tak dikawal mengerjakan jembatan jalan Trans Papua hingga terjadi penembakan.

KOMPAS.com/ DOKUMEN KEMENTERIAN PUPR
Lokasi pembantaian 31 pekerja oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Nduga, Papua. 

Di Balik Insiden Pembantaian di Nduga, Pekerja Ternyata tanpa Pengawalan hingga Terjadi Penembakan

TRIBUN-MEDAN.COM- Terungkap dari kepolisian insiden penembakan di Nduga, para pekerja tak dikawal mengerjakan jembatan jalan Trans Papua hingga terjadi penembakan.

//    

Kurang lebih mulai 1 Januari 2017, PT Istaka Karya bekerja untuk membangun proyek jembatan Jalan Trans Papua, yang berada di wilayah pedalaman,  khususnya di wilayah Pegunungan Tengah, Papua.

Akan tetapi, selama melaksanakan pekerjaan pembangunan, tak ada aparat keamanan baik dari Polri maupun TNI yang mengawal.

Jenazah para pekerja pembangunan jembatan di Nduga berhasil di evakuasi ke Timika.
Jenazah para pekerja pembangunan jembatan di Nduga berhasil di evakuasi ke Timika. (John Roy Purba/Istimewa)

Padahal, lokasi pembangunan jembatan merupakan wilayah yang sangat rawan dari gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), yang selama ini kerap meneror para pekerja maupun masyarakat.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal mengungkapkan, selama ini tak ada permintaan dari pihak PT Istaka Karya untuk melakukan pengawalan terhadap para pekerja yang melaksanakan pembangunan.

“Kalau pengawalan melekat tidak ada permintaan. Namun, selama ini ada anggota yang melakukan patroli di sepanjang pekerjaan pembangunan Jalan Trans Papua,” kata Kamal, Jumat (7/12/2018).

Baca: Gede Pasek Suardika Bilang Mungkin Prabowo Trauma, Takut Berita Hoax seperti Ratna Sarumpaet

Baca: Respons Syafii Maarif & Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi soal Habib Bahar bin Smith Tersangka

Senada dengan Wakapendam XVII/Cendrawasih Letkol Inf. Dax Sianturi yang menyampaikan selama ini tak ada pengawalan yang melekat terhadap PT Istaka Karya yang melalukan pembangunan Jalan Trans Papua.  

Akan tetapi, lanjut dia, ada Pos TNI di Mbua yang menjadi pintu masuk lokasi pembangunan jembatan Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, yang selalu memantau aktivitas pembangunan.

Halaman
1234
Editor: Salomo Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved