Breaking News:

Dinas Perdagangan Sidak Produk Kedaluwarsa di Indogrosir dan Lotte Mart, Ini Hasilnya

Sampai saat ini, sejumlah produk makanan dan minuman di beberapa pasar modern terpantau tidak ada yang kedaluwarsa

Penulis: Liska Rahayu |
TRIBUN MEDAN/Liska Rahayu
Seorang ibu dan dua anaknya sedang berbelanja bahan minuman produk susu di Transmart Carrefour Plaza Medan Fair, Kamis (13/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Liska Rahayu

TRIBUN-MEDAN.Com, MEDAN - Sampai saat ini, sejumlah produk makanan dan minuman di beberapa pasar modern terpantau tidak ada yang kedaluwarsa

Kendati demikian, tanggal beberapa produk susu dan susu segar terpantau mendekati kedaluwarsa.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Medan Syarif Armansyah Lubis mengatakan, pihaknya saat ini telah melakukan sidak ke beberapa pasar modern dan belum menemukan produk kedaluwarsa ataupun tidak layak konsumsi.

"Kita sudah sidak ke dua pasar modern, kemarin kita ke Indogrosir dan tadi ke Lotte Mart Centre Point. Sejauh ini belum ditemukan (produk kedaluwarsa)," katanya, Kamis (13/12/2018).

Berdasarkan pantauan Tribun Medan, di pusat perbelanjaan seperti Brastagi Supermarket Manhattan dan Transmart Carrefour Plaza Medan Fair ada beberapa produk seperti Cimory yang tanggal kedaluwarsanya 6 Januari 2019.

Selain itu, produk susu Greenfields tertanggal kedaluwarsa 24 Desember 2018,minuman Yogurt Biokul tertanggal kedaluwarsa 22 Desember 2018 dan Brook Farm fresh milk yang kedaluwarsa tanggal 20 Desember 2018.

Arman menjelaskan, sebuah produk harus sudah ditarik dari peredaran tiga bulan sebelum tanggal kedaluwarsa. Namun hal ini tidak berlaku untuk susu dan produk susu.

"Kalau tiga bulan tidak boleh. Kalau susu, itu tiga hari sebelum baru tidak boleh. Karena kan dia produk segar," katanya.

Sementara itu, tim pengawas yang terdiri dari beberapa dinas serta BPOM dan MUI telah melakukan sidak di Indogrosir dan Lottemart Centre Point, namun tidak ditemukan produk yang kedaluwarsa.

Kendati demikian, tim akan tetap melakukan sidak ke beberapa pasar modern dan pasar tradisional.

"Kita juga sidak di pasar tradisional dan pasar modern. Semua diperiksa, label, SNI, semua makanan yang dibungkus kita periksa," ungkapnya. (Cr5/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved