Zulfan: Pembekalan KPPS Lebih Penting Ketimbang Debat Kotak dan Bilik Suara Berbahan Karton

Ketimbang berbicara perihal kotak suara, kami lebih fokus merapikan barisan penyelenggara di tingkat KPPS.

Zulfan: Pembekalan KPPS Lebih Penting Ketimbang Debat Kotak dan Bilik Suara Berbahan Karton
TRIBUN MEDAN/DEDY KURNIAWAN
KPU Binjai menguji ketahanan kotak suara Pemilu 2019 berbahan karton duplex. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, Binjai - Isu Kotak Suara berbahan karton duplex santer jadi pembicaraan hangat.

Bahan karton dianggap sebagian orang tidak efektif dan efisien, terutama jika terdampak air atau api dibanding bahan alumunium.

Menanggapi ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai tidak mau ambil pusing.

KPU Binjai memilih lebih berkonsentrasi untuk melakukan persiapan penyelenggaran pemilu di tingkat KPPS (Kelompok Panitia Pemungutan Suara).

KPU Binjai fokus untuk peningkatan kemampuan dan keterampilan KPPS dengan mengikutsertakan seluruh anggota KPPS dalam bimbingan teknis.

"Ketimbang berbicara perihal kotak suara, kami lebih fokus merapikan barisan penyelenggara di tingkat KPPS," kata Ketua KPU Binjai Zulfan Efendi, Minggu (16/12/2018)

Hadir dalam kesempatan itu seluruh anggota PPK dan PPS se-kota Binjai, pimpinan partai politik se-kota Binjai dan seluruh komisioner KPU Binjai beserta seluruh sekretariat dan staf.

Zulfan didampingi Komisioner Divisi SDM dan Parmas, Robby Effendi menambahkan pemahaman dan pembekalan pengetahuan di tingkat PPK, PPS dan KPPS sifatnya mutlak perlu dan penting sebagai bagian dari asas penyelenggaraan pemilu yang profesional. KPU Binjai dan jajaran sedang menunggu PKPU tentang penghitungan dan rekapitulasi surat suara.

KPU Binjai juga sedang menunggu kedatangan jenis-jenis formulir yang terkait dengan penyelenggaraan pemilu dan belajar teknis cara mengisi dan menghitungnya. Fokus pembekalan KPPS wujud bertindak profesional agar tidak ada kesalahan teknis yang berawal dari kesalahan di tingkat TPS.

"Ada hal yang lebih penting ketimbang berdebat soal kotak suara, kami ingin petugas kami di lapangan bertindak dan berlaku profesional dan paham akan tugasnya," tegasnya.

Di kesempatan itu, Zulfan juga mengabarkan bahwa rekap nasional Daftar Pemilih Tetap telah ditetapkan dan diteriman oleh Bawaslu RI serta seluruh parpol peserta pemilu nasional.

"Terima kasih dan bangga kepada seluruh PPK dan PPS di kota Binjai atas kerja sama dan konsentrasi yang tak kenal lelah ini," pungkansya.

(dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved