Pembangunan Sport Centre Sumut Masih Terkendala Lahan, Ini Penjelasan Sekda

Sport Center ini nantinya akan digunakan sebagai tempat bagi perhelatan PON pada 2024.

Pembangunan Sport Centre Sumut Masih Terkendala Lahan, Ini Penjelasan Sekda
Tribun Medan/Satia
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi yang didampingi Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, dan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Sabrina, beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Satia

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN-pembangunan arena prasarana olahraga terbesar untuk Sumatera Utara tersendat permasalahan lahan.

Prihal ini juga sudah berjalan hampir dua tahun lamanya, semenjak kepemimpinan mantan Gubernur Tengku Erry Nuradi, hingga Edy Rahmayadi belum tuntas.

Sport Center ini nantinya akan digunakan sebagai tempat bagi perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) pada 2024 mendatang oleh pemerintah Sumut bersama dengan Aceh.

Sekertaris Daerah  Provinsi Sumut Sabrina mengatakan, saat ini tengah menunggu jawaban eks PTPN II bagiamana lahan ini ke depanya, apakah dijual atau statusnya diberikan kepada pemerintah.

"Itu sekarang kita memintakan kepada PTPN II, kita berharap agar selesai cepat selesai. Nantinya akan ada admistrasi dulu ya, lihat gimana, kalau menjawab ok, bayar berapa," kata dia, saat ditemui selesai acara PLN, di halaman Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan, Senin (17/12/2018).

Bila tidak berkenan atau enggan untuk memberikan lahanya kepada pemerintah untuk pembangunan sport Center, pihaknya tengah mempersiapkan tempat, tetapi Sabrina belum memberikan data lebih jelas di mana lokasinya.

"Kita juga sudah mencadangkannya untuk 2019, apabila nanti ok boleh dijawab oleh PTPN II, itu nanti realisasikan," ujarnya.

Ia mengaku permasalahan lahan memang cukup berat untuk diselesaikan dengan cepat, lantaran ada beberapa sistem atau proses yang harus dilakukan antar Pemerintah dengan PTPN II. 

Selanjutnya, pihaknya saat ini juga masih melakukan koordinasi dengan Balai Pertanahan Nasional (BPN) bagaimana proses pembebasan lahan, apakah nantinya cocok untuk digunakan sebagai lahan sport Center.

Halaman
12
Penulis: Satia
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved