Penghina Suku Batak Terima Dihukum Satu Tahun Enam Bulan Penjara

Pemberatan terhadap perbuatan terdakwa dapat memicu perpecahan antar Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan.

Penghina Suku Batak Terima Dihukum Satu Tahun Enam Bulan Penjara
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Penghina Suku Batak, Faisal Abdi Lubis terima putusan 18 bulan penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Medan, Senin (17/12/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Alija Magribi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Faisal Abdi Lubis, pelaku penghinaan suku Batak tampak ikhlas menerima vonis yang dijatuhi Majelis hakim Pengadilan Negeri Medan yang dipimpin Sariyana dalam sidang yang berlangsung Senin (17/12/2018) sore.

Sidang yang berlangsung sekira pukul 14.00 WIB itu, Majelis Hakim dalam amarnya menyatakan perbuatan Faisal terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar Pasal 28 ayat (2) Jo pasal 45A ayat (2) UURI No 19 tahun 2016 Perubahan atas UURI Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE.

"Pemberatan terhadap perbuatan terdakwa dapat memicu perpecahan antar Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan sekelompok rakyat Indonesia dan adapun yang meringankan, terdakwa sopan di persidangan dan belum pernah dihukum sebelumnya," ucap Sariyana.

"Mengadili terdakwa Faisal Abdi Lubis dengan pidana penjara selama 1 tahun dan 6 bulan, Denda Rp 20 juta subsider 2 bulan kurungan," tegas Sariyana.

Menanggapi putusan itu, sontak Faisal Abdi Lubis menerima dengan suara yang jelas.

"Terima pak Hakim," jelas Faisal, yang mana dalam kasus ini Jaksa Penuntut Umum (JPU) Randy Tambunan menuntutnya dengan pidana penjara selama 2 tahun, Denda 20 juta subsider 3 bulan kurungan pada persidangan yang digelar satu pekan sebelumnya.

Usai mendengar keterangan dari Faisal yang menerima putusan tersebut, majelis hakim pun menutup sidang yang berlangsung di Ruang Cakra 8 Pengadilan Negeri Medan, Jalan Pengadilan, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan.

Ditemui Tribun Medan saat dipapah menuju sel sementara, Faisal mengatakan sudah meminta maaf secara terbuka kepada etnis Batak yang telah ia lukai dalam kasus ujaran kebencian melalui media sosial Facebook.

"Saya sudah minta maaf. Dan saya minta maaf lagi kepada mereka (warga suku Batak). Untuk hukuman ini saya terima," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Alija Magribi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved