NPC Sumut Targetkan Lima Atlet Baru di Asean Para Games Filipina 2019

Alan Sastra Ginting ingin terus meregenerasi para atletnya untuk menghadapi APG Filipina 2019.

NPC Sumut Targetkan Lima Atlet Baru di Asean Para Games Filipina 2019
Ketua National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara, Alan Sastra Ginting 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Victory Arrival Hutauruk

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sumatera Utara menjadi provinsi yang tersubur untuk mengirimkan atlet difabelnya di ajang Asian Para Games (APG)

Terbukti pada APG edisi 2017 di Malaysia, National Paralympic Comittee (NPC) Sumut berhasil mengirimkan 17 atlet dan membawa pulang 16 emas, 9 perak dan 4 perunggu.

Bahkan bukan hanya di level Asia Tenggara. Skuat NPC Sumut juga berhasil unjuk gigi di ajang Asian Para Games 2018 lalu di Jakarta dimana 17 atletnya berhasil membawa pulang 6 medali emas, 2 perak dan 10 perunggu.

Hal ini, membuat Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting ingin terus meregenerasi para atletnya untuk menghadapi APG Filipina 2019.

Alan mengungkapkan telah mempersiapkan 5 atlet NPC Sumut baru untuk dibawa menuju Seleksi Nasional (Seleknas) pada April 2019 di Solo. Di luar nama 17 nama yang telah memperkuat Asian Para Games 2018 lalu.

"Atletik ada M. Habibilah t-13 nomor lompat jauh, Pamelius t-13 di lari nomor jarak menengah 400-800, lalu Mian Sirait t-46 jarak menengah 800-1500, Siti T-13 tolak peluru dan Sofyan di Tenis Meja," ungkapnya kepada Tribun saat ditemui di Kantor NPC Sumut, Selasa (18/12/2018).

Alan mengungkapkan bahwa kelima atletnya tersebut berpeluang masuk skuat utama APG Filipina melihat limit yang diraih selama latihan.

"Semua ini berpeluang, apalagi ini (atletik) olahraga terukur. Kalau kita liha mereka sudah masuk limit. Termasuk kemampuan Sofyan di tenis meja juga kami optimis," tegasnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan kelima atletnya ini telah diseleksi ketat melalui Kejurnas dan Peparnas 2016 Jabar.

"Kalau diantara yang 5 ini, mereka layak masuk tim inti pelatnas sesuai kelas. Rekomendasi ini bukan atlet sembarangan mereka ini telah layak bersaing di level Asia Tenggara. Kami telah lihat dari Kejurnas dan Peparnas Jabar 2016 dan mereka dapat medali.

Selanjutnya mereka akan mulai mengikuti pemusatan latihan di Solo awal April 2019 dilanjutka seleksi dedradasi pada Juni. Disinilah penentuan masuk tidaknya kelima atlet baru ini.

Untuk 17 atlet yang telah memperkuat Sumut di Asean Para Games maupun Asian Para Games. Alan membeberkan kemungkinan besar akan tetap dimasukkan dalam skuat utama Timnas Indonesia di APG 2019 melihat kemampuannya.

"Target kita memang bisa meraih medali lebih banyak dari APG 2017 yang lalu. Kalau yang 17 kemarin di Asian Para Games hampir rata-rata berprestasi kemungkinan besar terambil semua di skuat utama nanti," tutup Alan.

(cr10/tribunmedan.com)

Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved