Pengprov Wushu Sumut Bina Ratusan Atlet Muda, Minimal Usia Delapan Tahun

pengurus cabang kabupaten/kota turut bekerja sama dan menjalin koordinasi terkait pembinaan atlet-atlet wushu.

Pengprov Wushu Sumut Bina Ratusan Atlet Muda, Minimal Usia Delapan Tahun
TRIBUN MEDAN/VICTORY HUTAURUK
Adi Manurung, atlet Wushu SUMUT. Adi berhasil sabet 1 medali emas setelah menjuarai Sanda 56 kg cabang olahraga Wushu pada ASEAN University Games 2018vdi Myanmar. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Chandra Simarmata

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pengurus Provinsi (Pengprov) Wushu Indonesia (WI) Sumatera Utara (Sumut) tidak hanya membina atlet-atlet wushu tingkat junior dan senior, tetapi juga turut melakukan pembinaan atlet muda sejak usia dini.

Ketua Pengprov Wushu Sumut Darsen Song mengatakan pihaknya bersama pengurus cabang kabupaten/kota turut bekerja sama dan menjalin koordinasi terkait pembinaan atlet-atlet wushu.

Untuk atlet muda kata Darsen, Paling pemula sudah bisa mulai berlatih wushu sejak dari umur 8 tahun.

"Kalau yang usia 8 tahun ke atas, SD, SMP , SMA itu ada ratusan yang dibina," ujarnya Selasa sore (18/12/2018).

Darsen menjelaskan bahwa proses pembinaan khususnya bagi para atlet muda usia dini, umumnya akan berjalan secara alami.

Para atlet muda akan dilatih, namun ketika akan masuk ke tingkat junior akan semakin kelihatan mana yang paling berbakat dan potensial. Nantinya dari atlet muda yang dibina sejak dini itulah akan diseleksi untuk jadi atlet-atlet junior.

"Bisanya itu proses akan berjalan alami. Untuk tingkat pemula mereka ikut dulu, nanti pada saat sudah mau masuk junior baru kelihatan," terang Darsen.

Lebih lanjut, Darsen mengatakan, saat ini sejumlah atlet Wushu SUMUT juga sedang mengikuti sejumlah kejuaraan. Salah satunya kata Darsen adalah Atlet Wushu Taulo yang saat ini sedang mengikuti kejuaraan di Bali.

Selain itu, lanjutnya, ada juga atlet-atlet Wushu SUMUT yang tergabung dalam program Sumut emas (PSE) yang rutin menjalani latihan rutin dari Pengprov.

"Kalau atlet PSE, rutinitas latihan tetap jalan. Karena PSE ada pembinaan dari Pengprov. Rutin jalan program," jelasnya.

Saat ditanya apakah ada kendala yang dihadapi Pengprov Wushu SUMUT dalam hal pendanan program maupun pembinaan atlet muda, Darsen mengatakan tidak ada.

Saat ini, kata Darsen, program pembinaan atlet Wushu berjalan lancar.

"Terkait dana, Sejauh ini proses pembinaan Aman, lancar, masih belum ada kendala. Proses pembinaan atlet muda juga tetap berjalan," tutupnya.

(Cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved