Jelang Tahun Politik Para Blogger Berikan Tips Millenial Hindari Hoaks

Generasi millenial acapkali menjadi sasaran berita hoaks ang berseliweran di media sosial.

Jelang Tahun Politik Para Blogger Berikan Tips Millenial Hindari Hoaks
TRIBUN MEDAN/ FATAH BAGINDA GORBY
Dolly Regar (kanan) dan Yuki Anggia (kiri) pada acara Sharing Session "BicaraBaik#DariMedan#UntukIndonesia, Ghetto Cafe Jalan Iskandar Muda Medan, Rabu (19/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Fatah Baginda Gorby

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Generasi millenial acapkali menjadi sasaran berita hoaks ang berseliweran di media sosial. Selebgram yang juga seorang Food Blogger, Dolly Regar memberikan tipsnya, agar kaum muda tidak perlu termakan hoaks dan ujaran kebencian.

Hal tersebut disampaikan Dolly di sela-sela acara Sharing Session "BicaraBaik#DariMedan#UntukIndonesia, Ghetto Cafe Jalan Iskandar Muda Medan, Rabu (19/12/2018).

"Kita (generasi muda) harus melek politik,tidak boleh cuek dan politik tidak selamanya buruk. Politik juga bisa mencerdaskan, oleh karenanya menjadi hal yang utama agar dapat membedakan kabar hoaks dan tidak," katanya.

Dolly menjelaskan menjelaskan,sebagai seorang Blogger, prinsip yang paling utama ialah tidak menyebarkan hoaks. Sehingga ia mengajak para kaum muda membentengi diri dari berita bohong, dengan meningkatkan budaya literasi.

"Tetap jadi diri sendiri, aku percaya sebagian besar millenial itu bisa melakukan filter informasi dengan membaca. Memberikan argumen juga pasti dengan alasan yang tepat," ungkapnya.

Dolly juga mengimbau, bila melihat sebuah pemberitaan di media sosial, untuk memberikan komentar yang baik,agar tidak memancing para netizen berkomentar yang buruk.

"Berikan komentar baik pada kolom komentar dan jangan menyakiti orang lain. Kadang-kadang bila kita memberikan komentar baik pun banyak yang membalas dengan ujaran kebencian," ungkapnya.

Budaya membaca, imbuh Dolly sangat membantu para kaum muda untuk terhindar dari hoaks. Menurutnya, dengan pengetahuan dapat membuat seseorang bisa menyaring informasi dan membicarakan sesuatu yang 'tabu' menjadi hal yang layak untuk dibicarakan di medsos.

Dolly menuturkan , bukan menjadi hal yang tabu anak muda berbicara mengenai politik. Itu semua tergantung bagaimana menyuarakannya dan memandang orang yang pilihannya berbeda.

Halaman
123
Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved