Gubernur Edy Minta Warga Hentikan Penggunaan Jamban saat Tebar 20 Ribu Bibit Nila di Panyabungan 

Penebaran bibit ikan tersebut, kata Gubsu, juga diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk menjaga dan merawat saluran irigasi.

Gubernur Edy Minta Warga Hentikan Penggunaan Jamban saat Tebar 20 Ribu Bibit Nila di Panyabungan 
Tribun Medan / Satia
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menebar 20.000 bibit Ikan Nila unggul di saluran irigasi di kelurahan Penyabungan 2, Banjar Sehat, Penyabungan, Mandailing Natal, Jumat (21/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Satia

TRIBUN MEDAN.com, MEDAN-Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi bersama Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Lubis Edy Rahmayadi menebar sedikitnya 20 ribu bibit ikan nila unggul di saluran irigasi di Kelurahan Panyabungan II, Kecamatan Panyabungan Kota, Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Edy Rahmayadi mengharapkan, benih ikan yang ditebar, beberapa bulan kemudian dapat dimanfaatkan masyarakat. Selain untuk memenuhi kebutuhan gizi, juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. “Karena itu mari sama-sama kita jaga,” ujarnya, Sabtu (22/12/2018).

Penebaran bibit ikan tersebut, kata Gubsu, juga diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk menjaga dan merawat saluran irigasi. Sehingga terus dapat dimanfaatkan dan berfungsi untuk mengaliri lahan pertanian.

"Penebaran bibit ikan disini ini nantinya akan membuat masyarakat menjaga lingkungan, karena ada yang dihasilkan dari sini," katanya.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak lagi menggunakan jamban di aliran air atau sungai. Karena, lingkungan yang tidak sehat dapat menyebabkan stunting pada generasi mendatang.

Kapal Pencari Cumi Tenggelam di Perairan Dapur, Aritonang dan Empat Rekannya Belum Ditemukan

KABAR Terbaru Pembakaran Mapolsek Ciracas, Kapolres Jakarta Timur Dimutasi, Ini Penjelasan Polri!

INILAH Penyebab Hotman Paris Stres Hingga Mencari Villa di Bali, Minta Hilda Vitria Jadi Tersangka

Stunting adalah sebuah kondisi di mana pertumbuhan tinggi badan seseorang terganggu, karena kekurangan gizi dan lingkungan yang tidak sehat. Selain itu, Ketua PSSI ini mengharapkan di daerah tersebut bidang pertanian dan perkebunannya terus meningkat.

Gubsu berjanji akan menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan untuk itu. Senada dengan Edy, Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution mengatakan, penebaran bibit ikan tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, serta menjaga lingkungan hingga terawat. "Agar jamban jamban dihilangkan," katanya.

Viral Ancaman BPJS Kesehatan di Media Sosial, tak Bisa Urus SIM & Paspor dll Per Januari 2019 . . .

KABAR Terbaru Pembakaran Mapolsek Ciracas, Kapolres Jakarta Timur Dimutasi, Ini Penjelasan Polri!

Bupati Madina mencontohkan Bandung yang telah melakukan pembenahan sistem sanitasi di sungai ataupun aliran air seperti irigasi. Ini dilakukan untuk menjaga kebersihan air sungai dan membuat masyarakat lebih sehat seperti yang diharapkan oleh Gubsu.

Kilang Anggur di Spanyol Luncurkan Air Rasa Anggur yang Enak tapi Tidak Memabukkan, Mau Coba?

Rocker Ini Pilih Suntikkan Bisa ke Tubuh untuk Tingkatkan Kekebalan terhadap Gigitan Ular

Tokoh masyarakat setempat, Martua Nasution mengapresiasi kedatangan Gubsu yang secara langsung menebar bibit ikan nila tersebut. "Ini pertama kali bertemu dengan Pak Gubernur secara langsung, selama ini hanya melihat di baleho, ini merupakan satu kehormatan bagi kami masyarakat di sini," katanya.

Sementara itu, ketika melakukan penebaran benih, Edy tampak akrab dan berbaur dengan masyarakat. Bahkan, Gubsu yang didampingi Ketua TP PKK Provsu Nawal Lubis Edy Rahmayadi, sempat memberikan peci yang dipakainya kepada seorang anak, yang saat itu ikut menebar bibit dengannya. Keduanya juga memberikan hadiah kepada anak anak yang menebar bibit di saluran irigasi tersebut.

(Cr19/Tribun-Medan. com) 

Penulis: Satia
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved