Ruas Tol Medan-Tebingtinggi Punya Pengaruh Signifikan Urai Kemacetan Masuki Musim Liburan

AKP Enda Iwan Iskandar mengatakan bahwa ruas tol Medan-Tebingtinggi punya pengaruh signifikan untuk mengurai kemacetan.

Ruas Tol Medan-Tebingtinggi Punya Pengaruh Signifikan Urai Kemacetan Masuki Musim Liburan
Istimewa
Jalur Tol Sei Rampah-Tebingtinggi sudah bisa dilewati selama Natal dan Tahun Baru 2019. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kasat Lantas Polres Tebingtinggi AKP Enda Iwan Iskandar mengatakan bahwa ruas tol Medan-Tebingtinggi punya pengaruh signifikan untuk mengurai kemacetan saat memasuki libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Menurut Iwan pengaruh signifikan untuk mengurai kemacetan, khususnya di Kecamatan Seirampah.

"Kita Polres Tebingtinggi menyiagakan tiga pos pengamanan Operasi Lilin Toba. Mulai dari Desa Binjai, Serdang bedagai, Pabatu dan Stasiun Kereta Api Tebingtinggi. Untuk di Serdangbedagai, kita siagakan di gerbang tol Tebingtinggi," kata Iwan, Senin (24/12/2018).

Iwan membandingkan bahwa pada musim mudik tahun yang lalu, kemacetan terjadi di kawasan Kabupaten Serdangbedagai. 

Di depan pintu tol Seirampah juga kerap terjadi. Selain karena antrian, kemacetan juga disebabkan kendaraan dari arah berlawanan yang akan masuk ke dalam tol. 

Untuk di pintu tol Tebingtinggi, Polres Tebingtinggi akan melakukan rekayasa lalu lintas jika terjadi kemacetan. Kendaraan yang akan masuk ke pintu tol Tebingtinggi akan dialihkan ke pintu tol Seirampah.

"Kita akan berkoordinasi dengan JMKT dan Satlantas Polres Serdangbedagai akan dibuang arusnya ke Serdangbedagai. Jadi para pengendara yang akan menuju Kota Medan dari Tebingtinggi atau sebaliknya, bisa memanfaatkan jalur alternatif dari Galang, Deliserdang," paparnya.

Lebih lanjut, Iwan mengungkap sejak dibukanya tol ruas Medan-Seirampah, ada tren penurunan angka kecelakaan dan kemacetan. 

Pihaknya memprediksi, hari ini merupakan puncak arus mudik. Sedangkan arus balik diprediksi terjadi antara tanggal 3 dan 4 Januari 2019.

"Kita imbau pengendara untuk mengutamakan keselamatan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat mudik nanti," imbau Iwan.

Untuk diketahui, tol ruas Seirampah-Tebingtinggi dibuka mulai 24 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019. Tol ini membuat jarak Medan-Tebingtinggi bisa ditempuh dengan waktu 45 menit.

(cr9/tribun-medan.com)

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved