Setelah Ternate Diguncang Gempa 5,4 SR, Jaringan Komunikasi Putus Total, Isu Tsunami Merebak

Hingga Rabu malam warga Ternate tidak bisa melakukan panggilan telepon keluar, sementara warga luar Ternate tidak bisa menelepon ke Ternate.

Setelah Ternate Diguncang Gempa 5,4 SR, Jaringan Komunikasi Putus Total, Isu Tsunami Merebak
Dok. Instagram
Ternate terisolir, dalam status di Instagram @status.ternate pada Rabu (26/12/2018). 

TRIBUN-MEDAN.com - Sebuah laporan warga di Instagram @status. ternate menyebutkan jika sejak Rabu (26/12/2018) pagi pukul 08.00 WIT kota Ternate di Maluku Utara terisolir akibat terputusnya jaringan komunikasi di wilayah ini.

Disebutkan dalam laporan Instagram tersebut, hingga Rabu malam warga Ternate tidak bisa melakukan panggilan telepon keluar, sementara warga luar Ternate tidak bisa menelepon ke Ternate.

Di tengah putusnya jaringan telekomunikasi tersebut, beredar isu tsunami, lantaran sehari sebelumnya kota ini terdampak gempa magnitudo 5,4 yang berpusat 113 kilometer dari Ternate.

"Mohon bantuannya, , warga juga panik karena isu Tsunami karena pasca terjadi gempa 5,4SR berpusat di 113KM dari Ternate. Mohon dibantu," tulis akun tersebut.

Selasa (25/12/2018) siang, gempa bumi menyambangi wilayah Ternate.

Tepatnya pukul 14.18 WIB tadi guncangan yang terjadi berkekuatan M 5,4. Lindu ini dirasakan warga Ternate dalam skala intensitas MMI II-III.

Pusat gempa berada di laut, 113 km arah barat laut Ternate pada kedalaman 10 km.

Meski berkekuatan lebih dari magnitudo 5 dan berpusat di laut, tapi pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut tidak ada potensi tsunami.

Peta guncangan <a href='https://medan.tribunnews.com/tag/gempa' title='gempa'>gempa</a> <a href='https://medan.tribunnews.com/tag/ternate' title='Ternate'>Ternate</a> Selasa (25/12/2018)

Rina Dwi Noviani, Manager Communications Telkomsel Area Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi, kalimantan) mengakui adanya gangguan jaringan telekomunikasi di Ternate.

Halaman
12
Editor: Tariden Turnip
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved