Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut Bagikan 14.090 Ekor Ternak untuk Kurangi Impor Daging

Pemberian ini berdasarkan bantuan pemerintah kepada petani-petani agar bisa meningkatkan peredaran daging, agar tidak terjadinya impor daging

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut Bagikan 14.090 Ekor Ternak untuk Kurangi Impor Daging
Kahfi Dirga Cahya/KOMPAS.com
Ilustrasi peternakan sapi. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Satia

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN-Pemerintah Sumatera Utara melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan telah selesai membagikan hewan ternak kepada kelompok tani sleuruh kabupaten/kota se-Sumut.

Pemberian ini berdasarkan bantuan pemerintah kepada petani-petani agar bisa meningkatkan peredaran daging, agar tidak terjadinya impor daging dari luar Sumut.

Jumlah hewan ternak yang dibagikan kepada masyarakat atau kelompok tani sendiri mencapai angka 14.090 ekor.

Demi peningkatan ketahanan pangan di Sumatera Utara, khususnya daging sapi, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumut pada tahun 2019 menambah kelompok penerima ternak sapi potong.

"Bantuan sudah kita berikan kepada kelompok tani yang membutuhkan bantuan hewan ternak dari pemerintah," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perternakan Sumut, Dahler Lubis, kepada Tribun Medan, saat menyambangi ruangannya, di Kantor Peternakan, Jalan Gatot Subroto, Kota Medan.

Dahler mengatakan, selama tahun 2018 pembagian hewan ternak sapi untuk 252 jumlah kelompok tani, kemudian kerbau untuk 53 kelompok, lalu babi 53 kelompok, kambing 100 kelompok, itik atau bebek 25 kelompok, ayam bukan ras (buras) 5 kelompok, sedangkan kelinci 3 kelompok.

Kapolda Sumut Sebut Pelaku Pembakar Alquran di Langkat Mengaku Beragama Islam

Rifai Pamone Jurnalis Metro TV Meninggal Dunia, Sakit Keras Sejak Agustus

"Untuk sapi sendiri 2016 ribu ekor, kebaya 424 kerbau, babi 1600 ribu ekor, kambing 2000 ribu ekor, 6250 ribu ekor, ayam buras 1500 ekor, 300 ekor," kata dia.

Ia menyebutkan, seluruh kabupaten/kota seluruh provinsi telah dibagikan hewan ternaknya. Pembagian juga berdasarkan jenis-jenis daerah, misalnya untuk masyarakatnya yang mayoritas muslim akan dibagikan sapi, kerbau, kambing dan juga ayam, berikut sebaliknya.

Pukul Dua Auditor Badan Pemeriksa Keuangan saat Bertugas, Ododogo Lase Diciduk Personel Polres Nias

Terima Panitia Natal Nasional 2018, Gubernur Minta Sumut Didoakan agar Terhindar dari Segala Bencana

"Jadi pembagian ini berdasarkan masyoritas pendidikannya itu beragam apa atau lokasinya di mana. Kami juga membagikan ini ke seluruh kabupaten/kota seluruh Sumut," katanya.

Halaman
12
Penulis: Satia
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved