Dirut PD Pasar Kota Medan Akui Benahi Pasar Sukaramai, Ini Kata Rusdi Sinuraya

Pasar Sukaramai itu sudah lama dibangun, sehingga kondisinya cukup tergerus karena sudah tua.

Dirut PD Pasar Kota Medan Akui Benahi Pasar Sukaramai, Ini Kata Rusdi Sinuraya
Tribun Medan
Dirut PD Pasar Kota Medan, Rusdi Sinuraya 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Liska Rahayu

TRIBUN-MEDAN.Com, MEDAN - Dirut Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya mengaku pihaknya sedang membenahi Pasar Sukaramai yang dikatakan kumuh dan kotor oleh Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita saat blusukan Sabtu (29/12/2018) lalu.

"Sedang kita perbaikilah. Tidaklah kumuh kali, artinya layaknya untuk berjualan," katanya saat dihubungi, Minggu (30/12/2018).

Dikatakannya, Pasar Sukaramai itu sudah lama dibangun, sehingga kondisinya cukup tergerus karena sudah tua. Tak hanya itu, pedagang yang tidak mau masuk ke dalam pasar juga memperparah keadaan pasar tersebut.

Kendati Pedagang Kaki Lima (PK5) sudah tidak bisa berdagang di luar gedung lagi, tetap saja pedagang Pasar Sukaramai sering keluar-masuk untuk berdagang. Selain itu, pedagang di Jalan Akik yang tak mau masuk juga memperburuk tampilan Pasar Sukaramai.

"Ya memang pasar itu sudah lama dibangun. Kita kan sekarang masih memikirkan supaya pedagang di Jalan Akik itu bisa masuk. Kalau PK5 sudah bersih. Mereka sudah tidak bisa lagi jualan di sana," katanya.

Basement pun kata dia sedang diperbaiki. Sebab kadang pedagang sering keluar dan akan masuk bila ada penertiban. Hal tersebut membuat Pasar Sukaramai tidak teratur hingga terkesan kumuh.

Terkait pernyataan Enggartiasto mengenai pemerintah pusat yang akan turun tangan membenahi pasar di Medan, Rusdi mengaku menyambut hal tersebut dengan positif. Sebab saat ini memang banyak pasar tradisional di Kota Medan yang sudah tua.

"Memang banyak pasar tradisional kita yang harus dibenahi karena sudah tergerus. Artinya sudah lama, sudah tua. Harus dirawat lagi," katanya.

Saat ini beberapa pasar di Kota Medan sudah dibenahi dengan menggunakan APBD di antaranya adalah Pasar Belawan dan Pasar Kampung Lalang.

Halaman
123
Penulis: Liska Rahayu
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved