Menyeberangi Perairan, KPU Langkat Sosialisasikan Pemilu kepada Masyarakat Nelayan

KPU tetap harus fokus meski daerah yang dilalui harus menyeberang perairan, terutama demi pemilih yang berada di desa pulau terluar.

Menyeberangi Perairan, KPU Langkat Sosialisasikan Pemilu kepada Masyarakat Nelayan
TRIBUN MEDAN/HO KPU LANGKAT
KPU Langkat sosialisasi ke daerah desa terluar kepada kelompok nelayan dengan menyeberang naik boat. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, STABAT - Kondisi geografis daerah Kabupaten Langkat yang terpisah kawasan perairan menjadi tugas tersendiri bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Langkat.

KPU Langkat melaksanakan sosialisasi pemilu dengan forum warga berbasis keluarga di Desa Pulau Jaring Halus Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Sabtu (29/12/2018)

KPU Kabupaten Langkat, Agus Arifin bersama komisioner T Muhammad Benyamin dan Muhammad Khair harus menyeberang pulau untuk kegiatan sosialisasi forum warga berbasis keluarga ini.

Agus mengatakan KPU tetap harus fokus meski daerah yang dilalui harus menyeberang perairan, terutama demi pemilih yang berada di desa pulau terluar, desa pesisir dan perbatasan. Satunya di antaranya Desa Jaring Halus, dimana waktu tempuh selama satu jam dengan transportasi air (boat) dari dermaga Pematang Buluh Desa Tanjung Ibus.

Kata Agus, Pemilu 2019 sejarah baru di Indonesia, berlangsung serentak Pileg dan Pilpres. Tentunya hal itu memerlukan pemahaman yang matang bagi para pemilih.

"Harapan kami, pemilu 27 April 2019 kepada para nelayan untuk lebih peduli dengan pemilu, sehingga dapat meluangkan waktu untuk datang ke TPS memberikan hak suaranya. Harapannya juga, sosialisasi ke masyarakat nelayan memahami tata cara dan tahapan pemilu, kepada para nelayan kami harapkan untuk tidak melaut pada hari pemilu nanti dan datang ke TPS," ujar Agus.

Sebelumnya, sekitar tiga hari yang lalu KPU Langkat juga melaksanakan sosialisasi yang sama di Desa Pulau Kampai Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat.

Komisioner KPU Langkat, Muhammad Khair menyampaikan bahwa pada pemilu serentak 2019 nanti para pemilih akan mendapat lima surat suara dari mulai surat suara calon presiden dan wakil presiden, anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/kota dan anggota DPD. Khair juga mengimbau para nelayan yang sudah memiliki hak suara untuk memberikan hak suaranya, jangan sampai golput.

Kepala Desa Jaring Halus, Muktamar Laia menyampaikan sambutan pada sosialisasi dan berharap kepada para peserta untuk benar-benar mengikuti sosialisasi oleh KPU Langkat, agar dapat memahami tentang kepemiluan dan apa saja hak-hak pemilih.

"Terima kasih kehadiran KPU ke desa Jaring Halus ini, walaupun kami jauh dari kota, tapi semangat kami cukup tinggi untuk menyukseskan pemilu mendatang, kepada para peserta silahkan ditanyakan kepada KPU apa yang belum dipahami terkait dengan kepemiluan ini," pungkansya.

(dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved