DPRD Langkat Sahkan 7 Perda Langkat, Satu di Antaranya Badan Permusyawaratan Desa

Pada Paripurna juga dilakukan pembacaan surat keputusan hasil laporan Pansus tentang persetujuan tujuh Ranperda oleh Sekretaris Dewan

DPRD Langkat Sahkan 7 Perda Langkat, Satu di Antaranya Badan Permusyawaratan Desa
Tribun Medan / Dedy Kurniawan
Sekda Langkat, Indra Salahuddin (kiri) bersama pimpinan DPRD Langkat berjabat tangan usai pengesahan tujuh Perda Kabupaten Langkat. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, STABAT - DPRD Langkat memgesahkan tujuh Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Langkat tahun 2018 yang diajukan. Tujuh Ranperda secara resmi telah disahkan oleh DPRD Kabupaten Langkat pada sidang Paripurna DPRD Langkat.

Paripurna berlangsung dalam rangka pengambilan keputusan terhadap tiga Ranperda dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat dan empat Ranperda inisiatif DPRD Langkat, bertempat di ruang rapat paripurna DPRD Langkat, Senin (31/12/2018).

Pengesahan ditandai penandatangan berita acara persetujuan terhadap tujuh Ranperda menjadi Perda, oleh Bupati Langkat Ngogesa Sitepu diwakili Sekda Kabupaten Langkat dr Indra Salahuddin, Ketua DPRD Langkat Surialam serta Wakil Ketua DPRD Langkat dr Donny Setha.

Pada Paripurna juga dilakukan pembacaan surat keputusan hasil laporan Pansus tentang persetujuan tujuh Ranperda oleh Sekretaris Dewan, Basrah Pardomuan.

Pengesahan tujuh Ranperda ini terjadi setelah proses mendengarkan persetujuan dari ke tujuh fraksi DPRD Langkat, yaitu Fraksi Partai Golkar, partai NasDem, HNB, PDI Perjuangan, Partai Demokrat, Gerindra, BSPN.

Gara-gara Persoalan Cuti, Asisten Kebun PTPN II Tewas Ditikam Tukang Panen Sawit

Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB Adu Ketangkasan Main Batu Domino Bareng Jurnalis

Sekda Langkat mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Ketua dan Wakil Ketua DPRD serta segenap anggota DPRD Langkat atas pengesahan tujuh Ranperda Langkat menjadi Perda Langkat. Indra mengharapkan agar seluruh anggota dewan dan semua instansi Pemkab Langkat menyosialisasikan, sekaligus memublikasi produk Perda ini kepada masyarakat luas.

"Ke depan harapan semua instansi Pemkab Langkat menyosialisasikan, sekaligus memublikasi produk Perda ini kepada masyarakat luas, sehingga masyarakat dapat memahami, memenuhi maksud dan tujuan serta kewajiban yang ditentukan dalam Perda," katanya.

Tabrak Tiang Lampu Jalan, Berlin Parapat dan Teman Wanitanya Tewas di Tempat

Demi Dana Kampanye Sandiaga Uno Jual Saham dan Aset, Partai Pendukung Malah Belum Menyumbang

 5 Kasus SARA yang Mendapatkan Perhatian Publik di Sumut Tahun 2018, Satu di Antaranya Meliana 

Sekda juga berharap Ranperda dapat dijalankan tanpa menimbulkan permasalahan hukum dan lainnya. Terutama Perda yang sasarannya langsung menyasar kepentingan masyarakat luas.

Indra menyampaikan, ada tiga Perda yang dihasilkan dari Pemkab Langkat, pertama Perda tentang perubahan atas peraturan daerah No 4 tahun 2015 tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD), kedua yakni Perda tentang perubahan kedua atas peraturan daerah No 6 tahun 2015 tentang pemilihan Kepala Desa (Kades) dan Perda Ketiga tentang Kawasan Tampa Rokok (KTR).

"Harapannya semua bisa menyosialisasikan Perda tanpa melanggar hukum lainnya, terutama, Perda KTR, sebab merokok adalah kebiasaan yang dapat mengakibatkan bahaya bagi kesehatan individu, masyarakat dan lingkungan, baik secara langsung maupun tidak langsung," ujarnya.

Wakil Ketua DPRD, Donny Setha menyampaikan agar pihak eksekutif segera menyampaikan Perda yang telah disahkan ini kepada Gubsu untuk dilakukan eksaminasi atau evaluasi. Dia juga berharap agar pihak eksekutif juga segera mensosialisasikan Perda ini kepada masyarakat.

Bek PSMS Ini Berharap Bisa Tiru Sepak Terjang Mahyadi Panggabean dan Legimin Rahardjo di Tahun 2019

RSUP Adam Malik Miliki Alat Canggih Bernama Bone Densitometry, Mampu Diagnosa Dini Osteoporosis

Perempuan Berusia 22 Tahun Ini Tewas Diterkam Harimau di Taman Margasatwa

 Satlantas Polrestabes Medan Kerahkan 102 Personel Urai Kemacetan di 38 Titik dari Medan ke Berastagi

"4 Ranperda inisiatif DPRD Langkat yang disahkan yaitu Perda tentang pengelolaan sampah terpadu, Perda tentang penamaan jalan, Perda tentang penyelenggaraan ketertiban umum, dan terakhir Perda tentang pengembangan, pembinaan dan perlindungan kebudayaan daerah," jelasnya.

Turut hadir anggota DPRD Langkat, perwakilan unsur Forkopimda Langkat, para pimpinan OPD Pemkab Langkat, Camat se-Langkat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda Langkat.

(Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved