Kurang Dari Sepekan, Kodam I/BB Kumpulkan Rp 911 juta untuk Tsunami Sunda

Kurang dari Sepekan melakukan penggalangan dana, Jajaran Kodam I/BB dan mitra sudah mengumpulkan donasi

Kurang Dari Sepekan, Kodam I/BB Kumpulkan Rp 911 juta untuk Tsunami Sunda
Istimewa
Penyerahan Bantuan Donasi Kodam I/BB ke Korban Bencana Tsunami Selat Sunda, Kamis (3/1/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Alija Magribi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kurang dari Sepekan melakukan penggalangan dana, Jajaran Kodam I/BB dan mitra sudah mengumpulkan donasi sebesar Rp 911.438.500 untuk korban Tsunami Banten dan Lampung. Uang sebesar itu akan dikirimkan sore ini oleh tim yang diberangkatkan Kodam I/BB ke lokasi tujuan.

Rencananya, oleh tim yang dikirimkan Kodam I/BB, donasi yang masih berbentuk uang tersebut akan dibelanjakan sesuai kebutuhan korban bencana.

"Paling tidak ini bisa membantu sedikit saudara-saudara kita di sana. Untuk itu terima kasih kepada keluarga Kodam I/BB. Korem termasuk Tamtama, Bintara, Persit dan mitra yang suka rela menyumbangkan sedikit untuk saudara kita," ucap Pangdam I/BB Mayjend TNI Sabrar Fadhillah di Gedung Makodam Jalan Gatot Subroto km 7,5 Medan, Kamis (3/1/2018) siang.

Pangdam I/BB Mayjend TNI Sabrar Fadhillah juga menyampaikan bahwa sejumlah pihak keluarga Kodam I/BB hingga saat ini masih terus membantu, namun Kodam I/BB tak ingin menunggu dalam memberikan bantuan. Imbuhnya, pengiriman bantuan ini adalah sesi pertama.

"Sesi pertama ini kita cukupkan dulu. Untuk selanjutnya (bantuan) akan kita bagi dua. Tentunya akan dilebihkan ke Banten karena dampaknya lebih parah dan kedua adalah Lampung," ucap mantan Kapuspen TNI ini.

"Bantuannya dibagi dua, Rp 502.000.000 untuk di Banten dan Rp 409.438.500 akan dibelanjakan untuk kebutuhan korban bencana di provinsi Lampung," ucapnya.

Lanjutnya, Pangdam mengatakan bahwa donasi yang diberikan tidak lah sebanding dengan nyawa sanak saudara yang hilang. Namun demikian, paling tidak apa yang diberikan Kodam I/BB sedikit membantu.

Terkait pengiriman bantuan, Kodam I/BB telah menunjuk enam perwira menengah jajarannya untuk berangkat ke Banten dan Lampung. Keenamnya akan berkoordinasi dengan Kepala Staf Teritorial dalam memberikan bantuan.

Nantinya, sesampai di lokasi bencana donasi tersebut akan dibelanjakan oleh perwakilan Kodam I/BB yang umumnya adalah kebutuhan pokok. Adapun kebutuhan pokok yang akan dibelanjakan adalah Beras, Gula putih, Minyak goreng, Mie Instan, Susu kental, Garam, Kecap, Biskuit, Terpal (4x6), Selimut, Sarung wadimor, Air Mineral, Popok bayi, dan Tali terpal.

Informasi yang dihimpun terakhir, jumlah korban bencana Tsunami Selat Sunda 2018 yang terjadi pada Sabtu (22/12/2018) lalu, mencapai 437 orang. BNPB juga melaporkan sebanyak 14.075 orang mengalami luka-luka. Sementara 10 orang dinyatakan masih hilang.

(cr15/tribun-medan.com)

Penulis: Alija Magribi
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved