Begini Penjelasan KONI Sumut terkait Fasilitas Cabang-cabang Olahraga

untuk pembangunan maupun perbaikan sarana dan prasarana olahraga umumnya akan dilakukan oleh dispora.

Begini Penjelasan KONI Sumut terkait Fasilitas Cabang-cabang Olahraga
TRIBUN MEDAN/CHANDRA SIMARMATA
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) KONI Sumut, Mesnan 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Chandra Simarmata

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kepala bidang pembinaan dan prestasi (Kabid Binpres) Komite Olahraga Nasional Indonesia Sumatera Utara, Mesnan menyebut bahwa KONI Sumut tidak bisa secara langsung melakukan pembangunan fasilitas maupun pembaruan peralatan latihan yang rusak untuk tiap cabang olahraga di Sumut.

Dia mengatakan, untuk pembangunan maupun perbaikan sarana dan prasarana olahraga umumnya akan dilakukan oleh dinas pemuda dan olahraga (dispora) dalam hal ini Dispora Sumut.

"Tidak bisa. Biasa itu kalau fasilitas-fasilitas nanti Dispora. Pengadaan barang dan jasa itu Dispora. Jadi kalau bisa orang itu (Pengprov cabang olahraga) ke Dispora juga. Boleh mengajukan," ujarnya kepada Tribun Medan, Sabtu (5/1/2018).

Namun Kata Mesnan, terkait fasilitas cabang olahraga yang memerlukan perbaikan maupun pembangunan, KONI Sumut bersama pengurus provinsi cabang olahraga, dapat mengajukannya kepada pemerintah daerah dalam hal ini Dispora Sumut.

Prosesnya kata Mesnan, dengan mengajukan ke Dispora untuk dilakukan perbaikan maupun pembangunan fasilitas maupun sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

"Kita tetap kalau bisa semua cabang olahraga yang unggulan itu tetap kita ajukan itu ke Dispora. Seperti untuk anggar, bowling sudah mulai dibangun itu. Sepatu roda untuk latihan juga sudah ada itu dan renang," terangnya.

Sementara itu saat ditanya terkait fasilitas yang akan digunakan pada PON 2024 mendatang dimana Sumut menjadi tuan rumah, Mesnan mengatakan bahwa pihaknya juga masih menunggu proses pembangunannya dari pemerintah.

Dia mengatakan pembangunan sarana dan prasarana tersebut nantinya juga akan sesuai dengan standar PON.

Jadi, Mesnan tetap optimistis dalam rentang 5 tahun menuju PON 2024, Sumut selaku salah satu tuan rumah dapat menyelesaikan seluruh perbaikan maupun pembangunan venue baru yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pekan olahraga Nasional ke-21 tersebut.

"Harus ada prioritas. Ya mudah-mudahan nanti bertahap (dibangun) untuk kita menghadapi PON 2024. Kita utamanya itu ada 28 cabang yang kita harapkan dibangun di Sumatera Utara. Venue nya dulu. Karena untuk PON itu ada standar yang harus dipenuhi, Tidak bisa sembarangan. Nanti siap PON venue akan tetap kita pakai itu untuk latihan sekaligus event-event resmi," tandasnya.

(cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved