BBMKG Prediksi Awal Januari 2019 Sumut Masuk Musim Panas

BBMKG Wilayah I Medan prediksi sejak masuknya awal Januari, Wilayah Sumatera Utara akan memasuki musim panas hingga Maret 2019.

BBMKG Prediksi Awal Januari 2019 Sumut Masuk Musim Panas
Tribunnews
Ilustrasi 

BBMKG Prediksi Awal Januari 2019 Sumut Masuk Musim Panas

Laporan Wartawan Tribun Medan / M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Balai Besar Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan memprediksi bahwa sejak masuknya awal Januari, Wilayah Sumatera Utara akan memasuki musim panas hingga Maret 2019.

Kepala Bidang (Kabid) Data dan Informasi BBMKG Wilayah l Medan, Syahnan mengatakan bahwa saat ini sudah mulai memasuki peralihan musim dari hujan ke panas dan itu sudah terjadi sejak awal Januari 2019.

"Walaupun telah memasuki musim panas, tapi hujan lokal masih terjadi di beberapa wilayah di Sumatera Utara. Seperti didaerah pegunungan dan Pantai Barat masih terjadi hujan, walaupun kita masuk musim transisi (peralihan)," kata Syahnan, Selasa (8/1/2019)

Dari hasil analisis BBMKG bahwa curah hujan terkini pada dasarian III Desember 2018 menunjukkan bahwa secara umum curah hujan wilayah Sumatera Utara berada pada kategori Rendah hingga Menengah (0-150 mm).

Hari Tanpa Hujan di Sumatera Utara umumnya memiliki kriteria Masih Ada Hujan hingga Sangat Pendek (1-5 hari tanpa hujan).

Bahkan terdapat beberapa wilayah dengan Hari Tanpa Hujan kategori Menengah (11-20 hari tanpa hujan) seperti di Kabupaten Serdang Bedagai.

Pada dasarian I Januari 2019, diprakirakan umumnya curah hujan Sumatera Utara berada dalam kategori Menengah (51-150 mm).

Adapun wilayah yang diprakirakan memiliki curah hujan kategori Rendah (0-50 mm) meliputi sebagian Kab. Simalungun, Kabupaten Asahan, Kabupaten Labuhan Batu, dan Kabupaten Labuhan Batu Selatan.

Halaman
12
Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved