Wisatawan Mancanegara ke Sumut Menurun, Hidayati Ungkap Strategi Disbudpar yang Dilakukan ke Depan

Menurutnya faktor ini yang membuat para turis takut untuk masuk atau datang berlibur ke Danau Toba dan daerah-daerah lain di Sumut.

Wisatawan Mancanegara ke Sumut Menurun, Hidayati Ungkap Strategi Disbudpar yang Dilakukan ke Depan
TRIBUN MEDAN/NANDA RIZKA NASUTION
Komunitas Katakata memberikan penghargaan kepada figur yang dinilai telah menyuport kegiatan Komunitas Katakata. Di antaranya kepada Hidayati. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Satia

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Hidayati membenarkan penurunan jumlah wisatawan Mancanegara terutama pada bencana alam.

Menurutnya faktor ini yang membuat para turis takut untuk masuk atau datang berlibur ke Danau Toba dan daerah-daerah lain di Sumut.

"Memang penurunan ini bisa melihat adanya kejadian bencana alam, ini membuat pengaruh kepada dunia pariwisata," ucap dia, yang dihubungi langsung Tribun Medan, melalui sambungan telepon genggam, Selasa (8/1/2018).

Tetapi dengan terjadinya bencana alam ini, dirinya tidak mengatakan apakah karena ulah manusia atau bagaimana. Namun pihaknya akan berusaha lebih lagi dan ke depannya akan membuat sebuah strategi.

"Kami akan membuat strategi kedepannya, kami akan melakukan penataan destinasi dan harus kita tingkatkan, kita akan meminta anggaran lebih untuk ini, prihal ini ini juga untuk fasilitas-fasilitas pendukung lainya," katanya.

Baca: Turis Mancanegara ke Sumut Menurun Sekitar 50 Persen, Satu Di Antara Penyebabnya Bencana Alam

Baca: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Promosikan Wisata Sumut hingga ke Tujuh Provinsi di Indonesia

Strategi ini nanti ke depannya, akan adanya pembangunan atau penambahan fasilitas-fasilitas berupa toilet umum, Masjid atau Mushalla, dan juga tempat-tempat berupa taman yang menjadi lokasi berswafoto.

"Kami juga akan meningkatkan kuliner halal kepada para wisatawan, ke depanya akan membuat destinasi nyaman," ujarnya.

Selain itu, dirinya juga akan mengadakan beberapa event besar pada tahu ini. Event ini sendiri meliputi acara adat pada suatu daerah yang akan dipromosikan pada dalam dan luar negeri.

"Kami akan melakukan event nasional pada tahun ini, kami akan mendukung event daerah untuk dapat dijadikan event besar dan mendatangkan Turis Mancanegara," katanya.

Halaman
12
Penulis: Satia
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved