Breaking News:

Pemerintah Akan Tingkatan Daya Tampung Bandara Silangit Hingga 1 Juta Penumpang

Pemerintah Indonesia akan meningkatkan kapasitas daya tampung Bandara Silangit Internasional Airport

Penulis: M.Andimaz Kahfi |
Tribun Medan/Arjuna
Pesawat bombardier dari Singapura tiba di Bandara Silangit Tapanuli Utara membawa 96 penumpang, Sabtu (28/10/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemerintah Indonesia akan meningkatkan kapasitas daya tampung Bandara Silangit Internasional Airport di Kabupaten Tapanuli Utara.

Rencananya, pemerintah akan meningkatkan daya tampung hingga mencapai 1 juta penumpang. Targetnya pengerjaan akan dilakukan pada tahun 2019 ini.

Direktur Utama (Dirut) Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT), Arie Prasetyo mengatakan peningkatkan bangunan Silangit dari 500 ribu penumpang menjadi 1 juta penumpang segera dilakukan.

"Ada keterlambatan, tapi semua akan dikerjakan pada tahun ini," kata Arie, Rabu (9/1/2019)

‎Bandara Silangit, yang kini bernama Bandara Internasional Raja Sisingamangaraja XII merupakan salah satu gerbang masuknya wisatawan mancanegara (Wisman) dan wisatawan nusantara (Wisnus) ke Danau Toba, Sumatera Utara.

Menurut data dari PT Angkasa Pura II (Persero). Bandara Silangit sendiri menunjukan aktivitas penumpang yang baik pada tahun 2019. Dengan peningkatkan 51 persen tahun 2018 dibandingkan tahun 2017.

PT Angkasa Pura ‎II mencatat penumpang datang dari Bandara tersebut, sebagai gerbang menuju Danau Toba 425.463 penumpang di tahun 2018.

Untuk di tahun 2017, tercatat hanya 281.354 penumpang di Bandara berganti nama menjadi Bandara Internasional Raja Sisingamangaraja XII di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Kemudian, penerbangan Air Asia menunjukan baik. Dan akan di Kawal terus agar tidak kendor kedepannya.

"Seminggu 4 kali penerbangan, tapi kalau bisa setiap hari. Ada penerbangan dari Singapura. Pada kwartal tahun ini, ada penerbangan dari Singapura ini," ucap Arie.

Masih kata Arie, pihaknya akan mengajak maskapai penerbangan untuk membuka rute baru terus dari berbagai daerah dan negara dengan tujuan ke Bandara Silangit pada tahun 2019. Penerbangan domestik itu banyak di Silangit, banyak dari Jakarta‎, beberapa Air Lines segera akan membuka rute.

"Rute baru nantinya dari Batam, Pekan Baru, Bandung. Tahun ini, tahun baik. Meski tahun politik," tutupnya

(cr9/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved