Putusan Praperadilan Yusroh, Kontras Sebut Alarm Bahaya bagi Sumut

Yusroh merupakan tersangka yang dituduh mencemarkan nama baik Kapolda Sumatera Utara karena menulis “copot Kapoldasu” dalam sebuah grup WhatsApp.

Putusan Praperadilan Yusroh, Kontras Sebut Alarm Bahaya bagi Sumut
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Sidang praperadilan penetapan tersangka Yusroh Hasibuan 

Laporan Wartawan Tribun Medan / M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pengadilan Negeri Medan melalui putusannya pada hari Selasa (8/01/19) telah menolak sepenuhnya permohonan praperadilan Yusroh Hasibuan.

Sebagaimana diketahui, Yusroh merupakan tersangka yang dituduh mencemarkan nama baik Kapolda Sumatera Utara karena menulis “copot Kapoldasu” dalam sebuah grup WhatsApp.

KontraS Sumut sangat kecewa dengan keputusan tersebut. Ini menjadi pukulan telak sekaligus merupakan alarm bahaya bagi masyarakat sipil.

Bahwa jalan pencarian keadilan semakin sulit ditengah tingginya tren kriminalisasi dan tindak pidana yang dipaksakan oleh aparat keamanan.

Namun demikian, tim hukum Yusroh sudah siap menerima segala konsekuensi dari keputusan hakim.

Baca: Kirim Pesan Permintaan Mahasiswa Copot Kapolda, Yusroh Ajukan Praperadilan Penetapan Tersangka

Selain demi dan atas nama pencarian keadilan bagi Yusroh, spirit awal KontraS bersama tim hukum Koalisi Masyarakat Sipil Anti Kriminalisasi (KORAK) mengajukan praperadilan adalah sebagai upaya kontrol masyarakat sipil terhadap kepolisian agar melakukan penegakan hukum dengan cara dan prosedur yang sesuai dengan aturan.

Alasan ini mengacu pada tujuan awal adanya lembaga praperadilan yang dimaksudkan untuk meminimalisir penggunaan wewenang berlebihan yang dapat mencederai Hak Asasi Manusia.

Sayangnya hal itu pula yang tidak didapatkan dan justru berubah jadi legitimasi, bahwa kepolisian sah-sah saja melakukan penegakan hukum dengan cara-cara seperti yang mereka lakukan terhadap Yusroh.

Koordinator Kontras Sumut, Amin Multazam mengatakan bahwa Dalil permohonan praperadilan ini sesungguhnya sangat sederhana.

Halaman
12
Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved