Jual 378 Gram Sabusabu ke Polisi, Hasan Basri dan Onces Diadili

Selama persidangan digelar baik Hasan Basri maupun Suryadi hanya tertunduk sembari mendengarkan perbuatannya dibacakan JPU Emmi.

Jual 378 Gram Sabusabu ke Polisi, Hasan Basri dan Onces Diadili
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Hasan Basri dan Suryadi, pengedar Narkotika jenis sabu seberat 378 gram jalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Medan, Rabu (16/1/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Alija Magribi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Suryadi alias Onces (42) warga Jalan Rawe IV Lk V Kelurahan Tangkahan Kecamatan Medan Labuhan dan Hasan Basri (42) warga Jalan Lingkungan 19 Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan, hanya bisa menunduk saat jalani sidang perdana di Ruang Kartika Pengadilan Negeri (PN) Medan, Rabu (16/1/2019) sore.

Keduanya didakwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) Emmi Manurung telah memiliki, menguasai dan mengedarkan narkotika jenis sabu terkait narkotika jenis sabu seberat 378,6 gram.

Selama persidangan digelar baik Hasan Basri maupun Suryadi hanya tertunduk sembari mendengarkan perbuatannya dibacakan JPU Emmi.

JPU, dalam dakwaannya mengatakan kasus tersebut bermula pada Juni 2018. Bermula ketika petugas kepolisian yang menyamar sebagai pembeli menghubungi Suryadi untuk memesan sabu sebanyak setengah kilogram (500 gram). Lalu, Suryadi menghubungi Rasidi (berkas terpisah) untuk memesan sabu yang dipesan polisi tersebut.

Selanjutnya, pada Senin tanggal 31 Juli 2018 jam 15.00 wib, Rasidi menemui Hasan dan menanyakan apakah ada sabu setengah kilogram. Hasan pun meminta waktu untuk menyediakan sabu tersebut.

"Kemudian, Hasan menemui Iling (DPO) dan bertanya apakah ada sabu setengah kilo. Iling menjawab ada. Kemudian, Hasan, Rasidi, Suryadi dan Iling menemui pembeli. Dalam pertemuan itu, Iling sempat mengobrol dengan pembeli," ujar JPU Emmi dihadapan majelis hakim yang diketuai oleh Ferry Sormin.

Saat itu, Iling berkata bahwa sabunya akan diantarkan setelah keluar dari gudang.

Melanjutkan dakwaannya, JPU Emmi menerangkan bahwa selanjutnya Hasan disuruh Iling untuk menemui pembeli dan melihat uang pembelian apa sudah siap. Setelah melihat uang pembeli telah siap, Hasan menemui Iling.

Saat itu, Iling memberikan satu bungkus plastik hitam berisi sabu kepada Hasan.
Lalu, Hasan pun menemui pembeli yang telah menunggu dengan Rasidi dan Suryadi di sebuah tempat makan.

"Saat hendak menyerahkan sabu tersebut, pembeli yang ternyata petugas kepolisian langsung melakukan penangkapan terhadap Hasan, Rasidi dan Suryadi," pungkas JPU dari Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) tersebut.

Ketika diamankan, petugas juga menyita sabu seberat 378,6 gram beberapa handphone milik terdakwa. Selanjutnya, para terdakwa beserta barang bukti dibawa ke Ditresnarkoba Polda Sumut guna pemeriksaan lebih lanjut.

"Perbuatan kedua terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika," tandas Emmi.

(cr15/tribun-medan.com)

Penulis: Alija Magribi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved