KPU Sumut Bantu Proses Pengurusan Dokumen Pindah Memilih (A5) Warga Binaan di Lapas

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara, Herdensi Adnin mengapresiasi langkah Kementerian Dalam Negeri

KPU Sumut Bantu Proses Pengurusan Dokumen Pindah Memilih (A5) Warga Binaan di Lapas
TRIBU MEDAN/DANIL SIREGAR
Rahudman Harahap saat berada di Lapas Tanjunggusta perlihatkan KTP elektronik 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Fatah Baginda Gorby

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Komisioner Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara, Herdensi Adnin mengapresiasi langkah Kementerian Dalam Negeri melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dalam melakukan langkah kongkrit perekaman e-KTP di sejumlah Lembaga Pemasyarakatan.

Densi menjelaskan, pihaknya akan melakukan follow up terkait perekaman e-KTP yang telah dilakukan.

"Kami tadi hadir sebagai undangan saat Disdukcapil membuat perekaman e-KTP di Lapas Tanjung Gusta Medan. Setelah ini kami akan menindaklanjuti warga binaan yang telah memiliki Nomor Induk Kependudukan dan e-KTP agar bisa memilih," ujarnya, Kamis (17/1/2019).

Densi menjelaskan, dari hasil pantauannya pada kunjungan tersebut, banyak warga binaan yang berasal dari luar kota dan luar provinsi.

"Kami akan mencocokkan data warga binaan tersebut, apakah sudah ada di dalam Daftar Pemilih Tetap apa belum," ujarnya.

Jika data tersebut telah tertera di dalam DPT, maka KPU Sumut akan melakukan pengurusan A-5 atau pindah memilih bagi warga binaan yang berasal dari luar daerah.

"Banyak yang dari luar kota dan luar provinsi. Kami akan membantu pengurusan A5 nya, karena kita sama-sama tahu mobilitas warga binaan sangat terbatas," ucapnya.

Densi mengimbau kepada Disdukcapil agar tidak melakukan perekaman e-KTP kepada warga binaan yang hanya berdomisili di Mesan saja.

"Semuanya harus dilakukan perekaman. Apabila dalam jangka waktu yang telah ditentukan belum selesai, sebaiknya diperpanjang," katanya.

Bagi Densi langkah perekaman e-KTP terhadap warga binaan yang dilakukan bekerjasama dengan Kementerian Hukum dan HAM itu merupakan bentuk kerja keras bahu membahu demi kelengkapan identitas warga Sumut.

"Hal ini sangat penting . Kami mengapresiasi betul langkah Disdukcapil Sumut melakukan perekaman e-KTP di lapas dan rutan serta menginstruksikan kepada Disdukcapil Kabupaten dan Kota melakukan tindakan yang sama," pungkasnya. (gov/tribun-medan.com)

Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved