Ahok - 5 Proyek Digagas Ahok Kebanggaan Gubernur DKI hingga Diresmikan, Smart City Diakui Dunia

Ahok - 5 Proyek Digagas Ahok Kebanggaan Gubernur DKI hingga Diresmikan, Smart City Diakui Dunia

Ahok - 5 Proyek Digagas Ahok Kebanggaan Gubernur DKI hingga Diresmikan, Smart City Diakui Dunia
KOMPAS.com/WISNU NUGROHO
Ahok - 5 Proyek Digagas Ahok Kebanggaan Gubernur DKI hingga Diresmikan, Smart City Diakui Dunia/ Foto: Presiden Joko Widodo saat mencoba moda transportasi mass rapid transit (MRT), Selasa (6/11/2018). 

TRIBUN-MEDAN.COM - Ahok - 5 Proyek Digagas Ahok Kebanggaan Gubernur DKI hingga Diresmikan, Smart City Diakui Dunia

Di balik hujatan hingga persekusi lantaran dinilai menistakan agama Islam, kinerja Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ketika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada periode 2014-2017 diakui dunia.

Baca: Reaksi Kubu Prabowo, Pembebasan Terpidana Abu Bakar Baasyir, Jawaban Jokowi & Sudah Dibahas Setahun

Baca: Oknum Hakim Memalukan, Diduga Mesum dengan 2 Wanita Digerebek, Kasus Hakim Mandi dengan Istri Orang

Bahkan, Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta terpilih turut membanggakan hasil kerja Ahok saat ini.

Kegembiraan itu disampaikan Anies lewat akun Instagramnya @aniesbaswedan.

Dirinya menyebut, konsep kota pintar yang dibangun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 2015 silam mulai diakui dunia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat melakukan sesi wawancara khusus dengan Tribun Network di Gedung Balaikota, Jakarta Pusat, Senin (15/10/2018). Pada wawancara tersebut tim Tribun membahas mengenai kinerja Anies selama 1 tahun kebelakang sekaligus kinerja kedepannya yang akan dia lakukan. (Tribunnews/Jeprima)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat melakukan sesi wawancara khusus dengan Tribun Network di Gedung Balaikota, Jakarta Pusat, Senin (15/10/2018). Pada wawancara tersebut tim Tribun membahas mengenai kinerja Anies selama 1 tahun kebelakang sekaligus kinerja kedepannya yang akan dia lakukan. (Tribunnews/Jeprima) (Tribunnews/Jeprima)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lewat aplikasi Jakarta Smart City yang berpusat di lantai 4 Gedung Balaikota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat itu menekankan enam indikator yang dikembangkan dalam Jakarta Smart City.

Enam indikator tersebut antara lain, Smart Governance atau pemerintahan pintar, Smart Economy atau ekonomi pintar, Smart People atau sumber daya manusia berkualitas, Smart Mobility atau transportasi pintar, Smart Environment dan Smart Living.⁣ yang menekankan lingkungan dan kehidupan yang layak.

"Sejak tahun 2015, Pemprov DKI Jakarta mulai menerapkan Konsep Kota Pintar, ditandai dengan dibentuknya unit pengelola @jsclounge.⁣⁣ Ada 6 indikator yang menjadi fokus Jakarta Smart City, yakni Smart Governance, Smart Economy, Smart People, Smart Mobility, Smart Environment, dan Smart Living," tulis Anies.
⁣⁣
"Kini, upaya tersebut mulai membuahkan hasil dengan Jakarta menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia yang berhasil masuk Top 50 Smart City Government 2018. Dari 140 kota di dunia yang dinilai, Jakarta menduduki peringkat ke 47," tambahnya.

Prestasi tersebut diungkapkan Anies menjadi penyemangat dirinya untuk menjadikan DKI Jakarta selaku Ibu Kota Negara menuju kota terotomatisasi atau dikenal dengan istilah revolusi industri 4.0.

Jelang penerapan smart city 4.0 tersebut, Anies menekankan kolaborasi, bukan hanya dititikberatkan kepada pemerintah, tetapi juga kepada masyarakat selaku stakeholder atau pihak yang memiliki kepentingan utama. Anies pun bertanya tentang peran smartcity dalam kehidupan warga Jakarta.

Ahok
Ahok (instagram/basukibtp)
Halaman
1234
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Warta kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved