Tunggakan Klaim Belum Dibayar, Dua Rumah Sakit di Medan Mengaku Masih Bisa Bertahan

Dua rumah sakit milik pemerintah yang terkemuka di Kota Medan, RSUP Haji Adam Malik (HAM) dan RSUD Dr Pirngadi

Tunggakan Klaim Belum Dibayar, Dua Rumah Sakit di Medan Mengaku Masih Bisa Bertahan
TRIBUN MEDAN/DOHU LASE
Suasana bangsal rawat inap Asoka lantai II RSUD Dr Pirngadi Medan tampak lenggang, 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dohu Lase

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Dua rumah sakit milik pemerintah yang terkemuka di Kota Medan, RSUP Haji Adam Malik (HAM) dan RSUD Dr Pirngadi, ternyata masih belum menerima pembayaran tunggakan BPJS Kesehatan.

Untungnya kondisi itu belum berpengaruh signifikan terhadap pelayanan. Operasional kedua RSU tersebut tetap berjalan seperti biasa, tanpa harus menurunkan standar pelayanan mereka.

"Pendapatan rumah sakit kan bukan hanya dari BPJS Kesehatan. Ada juga dari lain-lain. Pasien umum contohnya," ungkap Kasubbag Humas RSUP HAM Rosario Dorothy, Sabtu (19/1/2019).

Kendati keuangan perusahaan menjadi sedikit terganggu akibat keterlambatan pembayaran itu, RSUP HAM, kata Rosa, tak sedikitpun menurunkan standar pelayanannya.

"Kalau ditanya apakah terganggu, ya pasti terganggu. Sumber pemasukan terbesar rumah sakit pemerintah ya dari BPJS. Walau terganggu, kita masih bisa bertahan," tandas Rosa.

Sementara itu, di tempat lain Kasubbag Hukum dan Humas RSUD Dr Pirngadi, Edison Peranginangin memberikan pernyataan hampir senada.

"Tidak ada terganggu. Kalau terkendala, barangkali iya. Operasional kita baik-baik saja kok. Berjalan seperti biasa," ujar Edison.

Dijelaskan Edison, pihaknya sudah menjelaskan kepada pihak penyuplai kebutuhan operasional, seperti obat-obatan, oksigen, dan lain-lain, perihal keterlambatan pembayaran ini.

“Dan mereka (pihak ketiga) mengerti kondisinya. Sejauh ini dulu, belum ada masalah,” ujar Edison.

Halaman
12
Penulis: Dohu Lase
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved