Warga Berbondong-Bondong Lihat Lumba-lumba di Desa Kuala Beringin, BKSDA Sumut Terjunkan Tim

Hingga mereka berbondong-bondong memadati bantaran sungai, untuk melihat lumba-lumba itu memunculkan diri kepermukaan.

Tribun Medan
Penampakan lumba-lumba air tawar di Sungai Kualuh, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumatera Utara, Minggu (27/1/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com- Dua ekor spesies lumba-lumba air tawar (Orcaella brevirostris) atau Pesut, terlihat di Sungai Kualuh, Desa Kuala Beringin, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumatera Utara, Minggu (27/1/2019) kemarin.

Kehadiran dua hewan mamalia itu, sontak menggegerkan masyarakat di dekat Sungai Kualuh. Karena sebelumnya tidak pernah ada kejadian seperti ini. Dua ekor spesies langka yang tidak pernah dilihat warga itu, pertama kali menampakan diri pada siang hari.

Kabar adanya lumba-lumba air tawar di Sungai Kulauh, membuat warga penasaran. Hingga mereka berbondong-bondong memadati bantaran sungai, untuk melihat lumba-lumba itu memunculkan diri kepermukaan.

Lumba-lumba yang memiliki warna tubuh biru dan putih ini, memiliki benjolan di kepala, serta moncong yang percis seperti lumba-lumba.

Kedua ekor ikan langka itu terus meliuk-liuk dari hulu ke hilir. Warga yang menyaksikan atraksi kedua hewan lumba-lumba air tawar ini pun, bersorak sorai layaknya seperti sedang menyaksikan atraksi sirkus.

Bukan takut, kedua ekor jenis mamalia itu justru seperti hendak menunjukkan kebolehannya dalam beratraksi di Sungai Kualuh. Semakin banyak masyarakat yang ramai bersorak menyaksikan aksi lumba-lumba itu, ikan itu pun semakin lincah meliuk-liuk menampakan dirinya.

LANGKA! Penampakan 2 Ekor Lumba-lumba di Sungai Kualuh Labura jadi Tontonan Warga, INI VIDEONYA. .

TRIBUNWIKI: Mengenal Masjid Al Osmani Masjid Tertua di Kota Medan, Dibangun Raja Deli Tahun 1854

Banjir Pekalongan, Camat Pimpin Bawahan Berbaris di Tengah Banjir

Momen penampakan kedua ikan itu pun menjadi sasaran bidikan kamera seluler warga. Ada yang memfoto serta merekam setiap gerak-gerik ikan langka itu.

Sesekali warga memanggil lumba-lumba itu dengan siulan, agar ia muncul ke pemermukaan. Ada pula masyarakat yang sengaja menaiki perahu untuk bisa melihat lumba-lumba itu dari jarak dekat.

Polrestabes Medan Ultimatum Bandit Jalanan Tidak Macam-macam Jelang Perayaan Imlek

Jusuf Kalla Kritik Kemacetan Jakarta: Thamrin seperti Singapura tapi Priok seperti di Bangladesh

Menanggapi fenomena yang terjadi, Kepala Desa Kuala Beringin Edi Mansur Pane mengatakan video amatir mengenai dua lumba-lumba yang viral di masyarakat, membuat masyarakat yang penasaran datang berduyun-duyun ke Sungai Kualuh untuk melihat hewan mamalia itu.

Edi menceritakan bahwa di Desa Kuala Beringin, Dusun II Ramean, Kecamatan Kualuh Hulu. Selama ini belum pernah ada kejadian seperti ini.

Pintu Potong Sahabatnya yang Sedang Menikah karena Tidak Suka Lihat Sang Pengantin Perempuan

Bebek Paling Kesepian di Dunia Mati Diserang Anjing, Para Warga Mengaku Rindu

Halaman
12
Penulis: M.Andimaz Kahfi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved