Dinas Kominfo Deliserdang Akan Pasang Jaringan Internet di Seluruh Desa

Dinas Kominfo Deliserdang akan memasang jaringan internet di seluruh desa yang ada di Kabupaten Deliserdang.

Dinas Kominfo Deliserdang Akan Pasang Jaringan Internet di Seluruh Desa
TRIBUN MEDAN/INDRA SIPAHUTAR
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Deliserdang, Haris Binar Ginting. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Indra Gunawan Sipahutar

TRIBUN-MEDAN.com,LUBUKPAKAM - Dinas Kominfo Deliserdang akan memasang jaringan internet di seluruh desa yang ada di Kabupaten Deliserdang

Diharapkan dalam waktu satu tahun 380 desa yang ada di Kabupaten Deliserdang semuanya sudah dipasangi jaringan internet

Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Deliserdang, Haris Binar Ginting.

" Jadi tahun ini mulai kita pasang jaringan internet di tiap desa-desa. Ini bukan memakai dana APBD tapi dari kerjasama Dinas Kominfo dengan Operator Telkomsel dan Indosat. Jadi dananya itu berasal dari CSR (Corporate Social Responsibility) dua operator itu," ujar Haris Binar Ginting Selasa, (29/1).

Selain di kantor desa pemasangan jaringan itu juga dibuat di daerah-daerah keramaian seperti taman desa sehingga bisa mudah dimanfaatkan banyak masyarakat diluar jam kerja. 

Saat ini, Haris menyebut kalau tenaga ahli yang ada di kantornya sudah mulai mensosialisasikan kedesa-desa bagaimana mengelola dengan baik nantinya. Memberikan pelatihan dianggap perlu lantaran nantinya Pemerintah Desa juga terlibat.

" Yang kita pasang itukan perangkatnya saja, karena itu yang mahal. Kalau untuk bulanannya nanti sudah bisa desa yang menanggung. Pemasangan perangkat sama sekali tidak dikenakan biaya sama Pemerintah Desa termasuk juga tenaga ahli yang turun ke desa-desa,"kata Haris Binar.

Meski nanti dikelola oleh Pemerintah Desa namun Haris bilang kalau Dinasnya tetap memonitoring penggunaannya. 

Disebut sudah ada kontrol panel di Dinasnya sehingga apabila terjadi kerusakaan dapat mereka ketahui. 

Walaupun Kabupaten Deliserdang wilayahnya sangat besar berada di pinggiran pantai hingga gunung namun tetap tidak ada masalah untuk merealisasikannya.

" Untuk yang di kawasan burung seperti Kecamatan Gunung Meriah kita gunakan satelit. Nah ini Telkomsel bisa membantu kita. Sudah tidak ada masalah lagi semua desa bisa mengakses internet nantinya. Karena di Deliserdang ini setau saya semuanya sudah dapat jaringan telepon. Saat ini pemasangan akan kita lakukan kepada desa yang duluan mengajukan permohonan,"kata Haris.

Dijelaskan keberadaan internet saat sekarang ini sangat diperlukan masyarakat. Hal ini mereka lakukan sebagai bagian dari pemanfaatan teknologi. 

Selain itu juga untuk menyebarkan informasi dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kedepannya internet disebut bisa dijadikan sebagai pemendek birokrasi. 

(dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved