Masyarakat di Delapan Desa Silima Pungga-pungga Kembali Bisa Nikmati Air Bersih

Ribuan masyarakat di delapan desa di Kecamatan Silima Pungga-pungga, Kabupaten Dairi kembali bisa menikmati air

Masyarakat di Delapan Desa Silima Pungga-pungga Kembali Bisa Nikmati Air Bersih
Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya
Kondisi pipa PDAM Tirta Nciho yang mengalami kerusakan akibat peristiwa banjir bandang di Kecamatan Silima Pungga-pungga. Kini pipa tersebut telah diperbaiki dan masyarakat sekitar bisa menikmati kembali air bersih. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Ribuan masyarakat di delapan desa di Kecamatan Silima Pungga-pungga, Kabupaten Dairi kembali bisa menikmati air bersih pascaperistiwa banjir bandang yang menerjang kawasan tersebut pada 18 Desember 2018 lalu.

Sebab, beberapa waktu lalu kawasan tersebut sebut sempat krisis air, karena sejumlah pipa milik PDAM Tirta Nciho mengalami kerusakan.

Direktur Utama PDAM Tirta Nciho, Wahlin Munthe mengatakan setelah dilakukan perbaikan pada Sabtu (26/1/2019) lalu, maka air sudah dapat mengalir kepermukiman warga.

"Sabtu kemarin sudah kami coba, air sudah jalan. Hari Minggu lalu rusak lagi, karena sempat terjadi banjir susulan. Tapi semalam sudah langsung kita bersihkan lagi. Hari ini sudah lancar," kata Wahlin, Selasa (29/1/2019).

Ia pun mengakui, perbaikan pipa air minum ke permukiman warga terkendala dengan kondisi medan yang sulit dijangkau dan pipa tertutupi material yang terbawa banjir bandang.

"Memang agak terlambat karena material susah diangkut. Medannya menanjak dan berbatu, belum lagi membersihkan material banjir di jalur pemasangan pipa," ucap Ketua MUI Dairi tersebut.

Namun, untuk mengantisipasi apabila air tiba-tiba kembali tak mengalir, PDAM Tirta Nciho tetap menyiagakan tiga unit mobil tangki di Kecamatan Silima Pungga-pungga.

"Karena curah hujan masih tinggi. Jadi mobil tangki air masih kami siagakan disana 3 tiga unit di sana. Apalagi kemarin hujan dan saluran air rusak lagi, kena banjir susulan," sebutnya.

Adapun delapan desa di Kecamatan Silima Pungga-pungga yang bisa menikmati air dari pipa PDAM Tirta Nciho adalah Desa Longkotan, Tuntung Batu, Huta Ginjal, Parongil, Bakal Gajah, Uruk Mbelin, Siboras dan Desa Sirata.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved