Sopian Sitepu Komisioner KPU Langkat: Di Langkat Ini Ada Tantangan Kondisi Geografis

Kondisi geografis daerah Kabupaten Langkat, terutama yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser menjadi tantangan

Sopian Sitepu Komisioner KPU Langkat: Di Langkat Ini Ada Tantangan Kondisi Geografis
Facebook
Komisioner KPU Langkat Divisi Hukum, Sopian Sitepu 

TRIBUN-MEDAN.com - Kondisi geografis daerah Kabupaten Langkat, terutama yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser menjadi tantangan bagi para Komisioner KPU Langkat.

Hal ini diakui oleh Komisioner KPU Divisi Hukum, Sopian Sitepu ketika ditemui di kantornya, Jalan Tengku Putra Aziz, Kecamatan Stabat, Kamis (31/1/2019)

Hasil penelusuran Tribun Medan, akses antar kecamatan se-Langkat beberapa daerah terkendala infrastruktur jalan belum diaspal dan rusak.

Selain itu geografisnya dipisahkan sejumlah kawasan perairan.

Kecamatan Wampu contohnya, harus dilalui dengan penyeberangan rakit, daerah Besitang yang berbatasan dengan Aceh, Sei Bingai berbatasan dengan Karo.

Sopian Sitepu, alumnus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USU ini mengatakan pengalamannya sejak 2014 sebagai penyelenggara Pemilu di Langkat.

Katanya, ada tantangan berbeda dibanding daerah perkotaan, ketika melakukan sosialisasi, menyalurkan logistik, dan hari pemungutan suara.

"Bedanya di Langkat ini ada tantangan soal kondisi geografis. Langkat kan berjauhan antar kecamatan. Antar kecamatan butuh waktu 2 jam hingga 3 jam. Contoh Pulau Kampai itu harus naik boat. Untuk boat harus dimanage betul biar ontime jauh-jauh hari," katanya.

Sejak menjabat, Sopian Sitepu bilang sudah terbiasa pascaberadaptasi mendatangi daerah-daerah yang harus dilalui melewati desa-desa, perkebunan karet, perkebunan sawit, sungai-sungai, medan terjal berbatu. Fisik yang prima perlu dipersiapkan dengan pasti dan matang untuk menjajal daerah-daerah terpencil.

"Kalau lihat jauhnya medan, kesiapan fisik harus djaga, kalau monitoring bisa seharian. Berkaitan logistik ada perhatian khusus yang daerah jauh, yang aksesnya terpencil, dan yang menyeberang lautan pulau Kampai, Langkat Hulu. Ada juga Pematangjaya tiga jam perjalanan," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved