Terkait Traffic Light Mati, Kadishub Karo Sebut Akan Kaji Ulang Persimpangan

Keberadaan traffic light (lampu lalu lintas), di setiap persimpangan jalan tentunya sangat penting

Terkait Traffic Light Mati, Kadishub Karo Sebut Akan Kaji Ulang Persimpangan
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karo Gelora Fajar Purba, saat ditemui di rumah dinas Bupati Karo, Jalan Veteran, Kabanjahe, Kamis (31/1/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Keberadaan traffic light (lampu lalu lintas), di setiap persimpangan jalan tentunya sangat penting. Karena membantu pengendara saat melintas di sebuah persimpangan jalan, dan menghindari terjadinya kecelakaan di jalan raya.

Namun, ternyata lampu lalu lintas yang ada di beberapa persimpangan jalan utama di Kabupaten Karo, tampak tidak berfungsi dengan baik.

Amatan Tribun-Medan.com, salah satu lampu lalu lintas yang tidak berfungsi seperti seharusnya berada di persimpangan Masjid Agung Kabanjahe.

Akibat dari kondisi tersebut, arus lalu lintas di salah satu muara jalan lintas antar kabupaten itupun terlihat semrawut. Seorang pengedara Sitinjak mengungkapkan, semrawutnya arus lalu lintas di lokasi tersebut ternyata sudah berlangsung sejak lama.

Dirinya menyebutkan, keberadaan lampu lalu lintas itupun terkesan tidak berarti. Dan tidak membawa perubahan untuk kelancaran lalu lintas di kawasan tersebut.

"Sudah lama lah seperti ini kondisinya bang, main serobot aja kalau lewat. Lampu merah pun enggak pernah berfungsi saya liat," ujar Sitinjak. 

Saat dikonfirmasi ke Pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Karo, Kadishub Karo Gelora Fajar Purba, membenarkan hal tersebut. Dirinya mengungkapkan, sebelumnya lampu lalu lintas di beberapa persimpangan tersebut sempat berfungsi normal.

"Iya memang saat ini cuma lampu kuningnya saja yang hidup, untuk hati-hati. Kemarin sempat normal, tapi ternyata semakin membuat macet," ungkapnya.

Dirinya menyebutkan, hingga saat ini pihaknya masih melakukan rancangan untuk mengkaji apakah persimpangan tersebut perlu ditempatkan traffic light. Karena, ditakutkan seperti pengalaman sebelumnya berfungsinya lampu lalu lintas di kawasan tersebut semakin membuat kemacetan.

"Akan kami kaji kembali bersama tim teknisi perhubungan, bagaimana mengoptimalkan fungsi dari lampu lalu lintas itu sendiri. Apakah nanti perlu dilakukan rekayasa persimpangan, sehingga apa yang sudah terpasang bisa dimanfaatkan dengan semestinya," ujar Gelora, Kamis (31/1/2019).

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved