Air Sungai Deli Naik, Ratusan Rumah Warga Terendam Banjir di Medan

Ratusan rumah warga di bantaran Sungai Deli Kelurahan Sei Mati terendam banjir akibat naiknya air sunga

Air Sungai Deli Naik, Ratusan Rumah Warga Terendam Banjir di Medan
TRIBUN MEDAN / M FADLI TARADIFA
Banjir rendam rumah warga di bantaran sungai Deli, Minggu (3/2/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Ratusan rumah warga di bantaran Sungai Deli Kelurahan Sei Mati terendam banjir akibat naiknya air sungai tersebut, Minggu (3/2/2019). Menurut warga, air mulai memenuhi pemukiman sekitar tengah malam.

"Air naiknya sekitar jam 12 malam, tengah malamlah. Itu sudah banjir," kata warga Jalan Brigjen Katamso Gg Merdeka bernama Yusuf.

Ia menyebutkan, banjir di kawasan tersebut memang dikarenakan naiknya air sungai. Tinggi air sungai yang membanjiri kawasan tersebut pun sampai 1,5 meter.

Yusuf mengatakan, kawasan tersebut memang sering terjadi banjir jika air sungai naik, sehingga warga sudah mengantisipasi akan naiknya air sungai. Warga pun tidak ada yang mengungsi dan hanya mengamankan barang pribadi ke bagian rumah yang lebih tinggi.

Kendati demikian, ia mengatakan, warga di kawasan tersebut berharap adanya perhatian pemerintah untuk dibuatkan dapur umum. Karena, jika sudah banjir,  warga kesusahan untuk memasak dan memenuhi kebutuhan.

"Kita berharapnya ada bantuan dapur umum, kalau banjir ini memang sudah tidak bisa dihindari. Di kampung sebelah ada dapur umum, tapi kenapa di sini enggak. Kemarin sudah pernah saya tanyakan kepada lurah baru, katanya tidak ada anggaran untuk itu," jelasnya.

Yusuf menjelaskan, warga sekitar sudah aktif bergotong royong untuk membersihkan sampah di sekitar sungai. Sehingga jika hujan datang, daerah tersebut tidak banjir. Banjir hanya terjadi ketika air sungai naik saja.

"Kalau hujan biasa kita enggak banjir, cuma kalau air naik yang banjir. Kalau sampah, kita bisa gotong royong, tapi yang dibutuhkan warga adalah dapur umum," katanya.

Saat ini, Pemerintah Kota (Pemko) Medan bersama Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II sedang menjadwalkan untuk melakukan normalisasi Sungai Bedera. Yusuf mengatakan, sampai saat ini belum ada pengerukan yang dilakukan di Sungai Deli.

"Dengar-dengar memang ada isunya mau dikorek. Kalau sampai warga di sini ditertibkan rumah-rumahnya, ya itu lihat nanti. Tapi sampai sekarang belum ada pengorekan," jelasnya.

Halaman
123
Penulis: Liska Rahayu
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved