Mayoritas Warga Binaan di Medan Belum Rekam e-KTP, Ini Kata Ismael Sinaga

Tapi untuk yang belum masuk dalam DPT, saat ini sedang ditabulasi untuk menunggu instruksi selanjutnya.

Mayoritas Warga Binaan di Medan Belum Rekam e-KTP, Ini Kata Ismael Sinaga
TRIBUN MEDAN/Liska Rahayu
Seorang warga binaan dari Lapas Perempuan Kelas 2A sedang melakukan perekaman e KTP di Lapas Anak, Kamis (17/1/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Perhelatan pemilu serentak yang akan digelar dua bulan lagi, masih menemukan sejumlah persoalan diantaranya kepemillikan e-KTP bagi warga binaan di lembaga permasyarakatan.

Komisioner KPU Medan, Nana Miranti, mengemukaan, pihaknya bercermin pada data dari Kanwil Kemenkumham Sumut, terkait jumlah warga binaan di Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) dan Rutan (Rutan) di Medan mencapai 4.401 jiwa.

Menurutnya hingga saat ini baru 1.044 di antaranya yang sudah ikut perekaman e-KTP agar bisa menggunakan hak pilih pada Pemilu 2019

"Yang sudah foto rekam e-KTP di 5 lapas/rutan yang ada di Kota Medan 1.044 warga binaan," ujar di Medan, Selasa (5/2/2019).

Nana menyebut, semua warga binaan yang telah memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan sudah memenuhi syarat untuk memilih di lapas/rutan maka akan diakomodir sebagai pemilih DPTb (pemilih tambahan).

"Secara vaktualnya semua penghuni lapas/rutan itu bukan warga setempat. Sampai sekarang dari 1.044 itu memang sudah ada di DPT dan ada yang belum," imbuhya.

Menurut Nana,pemilih yang sudah tercantum di dalam DPT, KPU akan mengeluarkan Form A.5-agar bisa memilih di lapas/rutan.

"Tapi untuk yang belum masuk dalam DPT, saat ini sedang ditabulasi untuk menunggu instruksi selanjutnya," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Sumut, Ismael P Sinaga mengungkapkan bahwa pihaknya terus mengejar upaya perekaman e-KTP terhadap warga binaan.

"Disdukcapil kabupaten/kota dan kepala lapas dan kepala rutan terus melakukan perekaman e-KTP bagi warga binaan hingga 14 Februari 2019," pungkasnya.

(gov/tribun-medan.com)

Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved