613.860 Siswa Bersaing pada SNMPTN Tahun Ini

Para siswa dapat mengetahui dirinya berhak mengikuti SNMPTN atau tidak dengan cara mengakses laman http://www.snmptn.ac.id.

613.860 Siswa Bersaing pada SNMPTN Tahun Ini
TRIBUN MEDAN/DOHU LASE
Puluhan siswa/i pada salah satu kelas XII di SMAN 2 Medan serius mendengarkan arahan dan bimbingan dari guru mereka, baru-baru ini. LTMPT belum lama ini merilis jumlah siswa SMA se-Indonesia yang lolos pemeringkatan dan berhak mendaftar pada SNMPTN 2019, yakni sebanyak 613.860 siswa. 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) belum lama ini mengumumkan sebanyak 613.860 siswa SMA se-Indonesia lolos pemeringkatan dan berhak mendaftar pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2019.

Pemeringkatan dilakukan berdasarkan nilai prestasi akademik (rapor) para siswa yang terangkum dalam Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS). Adapun mata pelajaran yang diteliti nilainya oleh LTMPT, untuk SMA Jurusan IPA, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.

Kemudian, untuk SMA jurusan IPS, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi, dan untuk SMK, yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).

Para siswa dapat mengetahui dirinya berhak mengikuti SNMPTN atau tidak dengan cara mengakses laman http://www.snmptn.ac.id, kemudian login (masuk) menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan password (kata sandi) yang diberikan pihak sekolah masing-masing siswa.

"Pertama-tama, siswa kunjungi website resmi SNMPTN, http://www.snmptn.ac.id, lalu klik menu 'Pendaftaran SNMPTN 2019'. Selanjutnya, login menggunakan NISN dan password. Jika lolos pemeringkatan, nantinya bakal muncul gambar kotak bertuliskan 'Anda memenuhi persyaratan pendaftaran SNMPTN 2019. Silakan melakukan pendaftaran mulai hari Senin, 4 Februari 2019, pukul 15.00 WIB'," tutur Kabag Humas USU, Elvi saat ditemui Rabu (6/2/2019).

Elvi mengatakan, LTMPT juga telah mengumumkan jumlah sekolah (SMA/SMK/MA) yang siswanya berhak ikut bersaing SNMPTN 2019, yaitu sebanyak 14.744 sekolah.

Siswa pendaftar, lanjut Elvi, diwajibkan mengisi biodata, pilihan PTN beserta program studinya, dan mengunggah pasfoto resmi terbaru. Dokumen prestasi tambahan boleh diunggah jika ada.

Bagi para siswa pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh kepala sekolah, dengan menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.

Terakhir, siswa pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti kepesertaan SNMPTN.

"Satu lagi hal yang menurut saya tak boleh dikesampingkan ialah para siswa pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan," tandas Elvi.

(cr16/tribun-medan.com)

Penulis: Dohu Lase
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved