Larangan Pengemudi Lihat GPS di HP, Kasatlantas AKBP Juliani: Kalau Aturannya Jelas, Bisa Dilakukan

Pemakaian GPS juga belakangan ini banyak digunakan baik pengemudi kendaraan yang bersifat pribadi maupun ojek

Larangan Pengemudi Lihat GPS di HP, Kasatlantas AKBP Juliani: Kalau Aturannya Jelas, Bisa Dilakukan
TRIBUN MEDAN / M FADLI
Kasatlantas Polrestabes Medan AKBP Juliani Prihatini (kiri) bersama Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto, Rabu (6/2/2019). 

TRIBUN-MEDAN.COM - Global Positioning System (GPS), sudah tidak asing lagi dikalangan generasi millineal.

Tidak hanya dinaungi generasi millineal, GPS juga dimanfaatkan sebagai besar warga negara Indonesia dalam mencapai suatu tujuan yang belum diketahui atau belum dijelajahi.

Pemakaian GPS juga belakangan ini banyak digunakan baik pengemudi kendaraan yang bersifat pribadi maupun ojek maupun driver online.

Namun pemakaian GPS kini memiliki peraturan dari pemerintah.

Dilansir dari situs Kompas.com, Jakarta- Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan uji materi terkait penggunaan Global Positioning System(GPS) di ponsel ketika berkendara.

Penggunaan perangkat navigasi ini dilarang karena dalam beberapa tahun ke belakang semakin banyak pengguna mobil atau pemotor yang menggunakannya.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai langkah keputusan MK sudah tepat. Pasalnya, Kementerian Perhubungan juga sudah melarang penggunaan gawai ketika berkendara.

"Basically, keselamatan di antaranya itu meminta jangan menggunakan gadget. Tentang sanksinya itu kewenangan dari lembaga MK, tapi kami memang melarang siapa pun itu," ujar Budi Karya ketika di Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Lebih lanjut Budi mengimbau agar pengguna kendaraan yang memang perlu untuk menggunakan GPS agar berhenti dahulu dan tidak sembari berkendara.

Sementara itu, seperti sudah diberitakan sebelumnya, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Herman Ruswandi mengatakan, pihaknya akan melakukan penilangan untuk pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan GPS.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fadli Taradifa
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved