Pengacara Hakim Merry Purba Bantah Kliennya Terima Duit Tamin Sukardi

Pengacara Hakim Ad Hoc Tipikor Pengadilan Negeri Medan Merry Purba mengaku kliennya, tidak pernah menerima uang dari Tamin Sukardi

Pengacara Hakim Merry Purba Bantah Kliennya Terima Duit Tamin Sukardi
KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN
Hakim Merry Purba di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (14/1/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Pengacara Hakim Ad Hoc Tipikor Pengadilan Negeri Medan Merry Purba, Effendi Lod Simanjuntak SH menyatakan bahwa kliennya, tidak pernah menerima kucuran uang Rp 500 juta dari Tamin Sukardi

Effendi menyebut keliru bila ada orang yang menyeret nama kleinnya terlibat dalam penerimaan uang saat menangani perkara Tamin Sukardi.

Menurutnya, semua itu hanya karangan cerita yang tidak berdasarkan fakta.

“Kami sangat menyayangkan jika ada orang yang mengarang cerita tidak benar tentang klien saya. Sebab faktanya memang klien saya tidak pernah menerima uang dari Tamin Sukardi,” kata Effendi Lod Simanjuntak kepada wartawan di Medan, Selasa (5/2/2019).

Hakim Merry Purba dituding telah menerima uang pelipur lara Rp 500 juta dari pengusaha Tamin Sukardi. Tudingan ini terungkap dalam kesaksian Hadi Setiawan di persidangan Pengadilan Tipikor Jakarta pekan lalu.

Effendi Simanjuntak menegaskan bahwa kesaksian Hadi Setiawan tersebut tidak benar karena hanya berdasarkan cerita orang yang didengar oleh saksi lalu disampaikan di persidangan.

“Cerita itu didengar Hadi Setiawan dari Helpandi lalu disampaikan sebagai kesaksian di persidangan. Bagaimana mungkin cerita orang jadi pembenaran, itu keliru,” tandas Effendi.

Helpandi adalah salah seorang panitera Pengadilan Tipikor Medan yang turut jadi terdakwa dalam perkara dugaan suap Tamin Sukardi kepada hakim Merry Purba.

Effendi mengatakan penetapan tersangka kliennya juga bersumber dari keterangan saksi Helpandi. 

Sementara, keterangan Helpandi mengenai uang untuk Merry Purba tidak didukung bukti sehingga diragukan kebenarannya. 

Halaman
1234
Penulis: Alija Magribi
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved